Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Snapdragon 865 Bakal Dibekali Modem 5G Terintegrasi?

Kompas.com - 23/06/2019, 09:03 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Generasi baru system-on-chip (SoC) papan atas dari Qualcomm mulai terendus. Penerus Snapdragon 855 yang kemungkinan akan beranama Snapdragon 865 ini belakangan disebut akan hadir dalam dua varian.

Pembocor gadget Roland Quandt menyebutkan bahwa salah satunya varian Snapdragon 865 akan memiliki modem 5G Snapdragon X55 terintegrasi sehingga bisa langsung mendukung koneksi jaringan 2G, 3G, 4G, hingga 5G.

Pada generasi sebelumnya, di Snapdragon 855, Qualcomm tidak menyatukan modem 5G dengan SoC, tetapi menyediakannya secara terpisah.

Baca juga: Qualcomm Rilis Modem 5G Pertama Berkecepatan 7 Gbps

Penggabungan modem 5G di Snapdragon 865 kemungkinan untuk mengantisipasi produksi ponsel 5G yang akan makin banyak tahun depan.

Lebih lanjut, lewat akun Twitter @rquandt, Quandt  menyebut kode nama Snapdragon selanjutnya adalah SM8250 dengan dua varian bernama "Kona" dan "Huracan".

Kona merupakan salah satu kota di Hawai, lebih tepatnya bernama Kailua-Kona. Di kota ini, Qualcomm pernah melakukan pertemuan tahunan beberapa tahun lalu. Sementara Huracan adalah dewa angin, badai, dan api dalam mitologi suku Maya.

Belum diketahui varian mana dari Snapdragon 865 yang akan terintegrasi dengan modem X55 nantinya. Quandt mengatakan kedua chip itu akan mendukung RAM jenis LPDDR5X, meningkat dari standar yang sudah ada yakni LPDDR4X.

Baca juga: Qualcomm Serahkan Produksi Snapdragon 865 ke Samsung?

Selain itu juga akan ada dukungan teknologi media internal UFS 3.0 yang saat ini sudah tersemat di OnePlus 7 Pro. Teknologi itu memungkinkan proses transfer data yang lebih cepat.

Dirangkum KompasTekno dari Pocket-Lint, Minggu (23/6/2019), Snapdragon 865 akan dibangun dengan teknologi 7nm.

Kemungkinan pabrikan TSMC yang bermarkas di Taiwan akan memproduksi chip ini. Namun beberapa rumor juga mengatakan bahwa produksi Snapdragon 865 akan ditangani oleh Samsung di Hwaseong, Korea Selatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com