Cara Membuat Dokumen Kertas Jadi PDF di Android

Kompas.com - 15/07/2019, 19:21 WIB
Ilustrasi Google DriveKOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi Google Drive

KOMPAS.com - Jasa pemindaian dokumen menggunakan alat scanner menjadi salah satu solusi untuk mengubah dokumen-dokumen fisik (hard copy) menjadi dokumen digital (soft copy).

Namun, bagaimana jika Anda tidak memiliki waktu untuk mengunjungi tempat penyedia jasa tersebut?

Jangan khawatir, dengan smartphone Android dan aplikasi milik Google, Anda bisa merubah dokumen hard copy menjadi soft copy, tanpa harus repot-repot ke tempat jasa pemindaian dokumen.

Bagaimana caranya? Simak langkah-langkah berikut seperti dirangkum KompasTekno dari HowToGeek, Senin (15/7/2019).

Baca juga: Cara Bersih-bersih Google Drive Agar Tidak Perlu Bayar

1. Pertama-tama, buka aplikasi Google Drive di ponsel Android, lalu pilih ikon "+" yang ada di pojok kanan bawah aplikasi. Kemudian, pilih ikon berwujud kamera yang berlabel "Scan".

Ilustrasi memindai dokumen menggunakan Google Drive 1KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi memindai dokumen menggunakan Google Drive 1

2. Tak lama kemudian, Google akan mengantarkan Anda ke antarmuka kamera. Di sini, ambil foto dokumen yang ingin Anda dijadikan PDF.

Perlu dicatat, pastikan dokumen sejajar dan tidak menyatu dengan warna background. Misalnya, Anda bisa mencari warna background hitam untuk dokumen kertas yang berwarna putih.

3. Setelah mengambil gambar, klik pilihan "OK" untuk pergi ke proses selanjutnya atau "Retry" untuk mengulang proses pengambilan foto.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X