Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xschool dari Telkomsel Kenalkan Absen Digital ke Sekolah-sekolah

Kompas.com - 21/07/2019, 20:35 WIB

KOMPAS.com - Telkomsel berupaya mengembangkan ekosistem digital di sekolah-sekolah, melalui inisiasi Xschool. Sebagai langkah awal, Telkomsel mengenalkan absen digital di sejumlah sekolah di Ciayumajakuning, Jawa Barat.

Guru-guru di sekolah tak perlu mengabsen muridnya secara manual, melainkan menggunakan aplikasi LinkAja.

"Ada beberapa yang sudah jalan, sisanya masih proses approach (pendekatan)," kata Manager Corporate Communication Telkomsel Area Jabotabek-Jabar, Aldin Hasyim dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Minggu (21/7/2019).

Telkomsel area Jabotabek-Jabar mengklaim telah mengantongi izin dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan X (Cirebon-Kuningan) dan IX (Indramayu-Majalengka), karena inisiasi Xschool dimulai di tahun ajaran baru ini.

Baca juga: T-Cash Berubah Jadi LinkAja Mulai Hari Ini

Ke depannya, Xschool dikembangkan bukan hanya untuk absen digital saja, melainkan juga membentuk cashless society

LinkAja bakal bisa dijadikan sebagai sarana pembayaran SPP sekolah secara cashless, Infaq digital, hingga transaksi keuangan di kantin sekolah. Keuntungan ini bukan hanya untuk pelajar saja, melainkan juga guru hingga orang tua murid.

Untuk menyosialisasikan program ini, Telkomsel menyelenggarakan Telkomsel Xschool League 2019, yang merupakan ajang kompetisi di bidang olahraga, seni, pendidikan dan dunia digital bagi pelajar SMA di wiliyah Ciayumajakuning.

Baca juga: Unik, Menyumbang di Resepsi Pernikahan Pakai Uang Digital

Kompetisi Telkomsel XSchool ini sendiri terbagi menjadi beberapa kategori pertandingan , seperti pada bidang Sport (Futsal dan Basket), bidang edukasi (Rangking 1 Quiz&Trivia), bidang digital (Game Online PUBG&ML), dan bidang digital art competition (Telkomsel Got Talent,Video Short Movie&Photography contest).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.