Fitur "Walkie-Talkie" Apple Watch Sudah Bisa Digunakan Lagi

Kompas.com - 23/07/2019, 14:31 WIB
Ilustrasi fitur Walkie-Talkie di Apple Watch. AppleIlustrasi fitur Walkie-Talkie di Apple Watch.
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu Apple sempat mematikan aplikasi Walkie-Talkie pada Apple Watch karena ditemukan adanya bug yang memungkinkan orang lain menguping pembicaraan di iPhone.

Kini pengguna bisa kembali menikmati aplikasi tersebut karena celah keamanan yang ditemukan telah ditambal oleh Apple lewat pembaruan sistem operasi WatchOS 5.3.

Baca juga: Rawan Dipakai Menguping, "Walkie-Talkie" Apple Watch Dimatikan

Selain menambal celah keamanan pada aplikasi Walkie-Talkie, pembaruan sistem operasi ini juga menghadirkan fitur electrocardiogram (ECG) pada Apple Watch 4 untuk wilayah Kanada dan Singapura.

Pembaruan ini dapat diunduh pengguna lewat aplikasi Apple Watch yang terpasang pada iPhone. Pengguna cukup masuk ke dalam menu "general" pada halaman pengaturan, kemudian pilih "software update".

Dirangkum KompasTekno dari Macrumours, Selasa (23/7/2019), selain dua hal di atas, tidak ada pembaruan lain yang diberikan Apple pada WatchOS 5.3 ini.

WatchOS 5.3 bisa menjadi sistem operasi WatchOS 5 terakhir sebelum beralih ke WatchOS 6. Kabarnya, WatchOS 6 sendiri saat ini tengah berada dalam tahap uji coba dan akan dirilis dalam beberapa bulan ke depan.

Baca juga: 12 Tahun Lalu iPhone Dicemooh Saat Muncul Pertama Kali

Aplikasi Walkie-Talkie pertama kali diperkenalkan lewat pembaruan sistem operasi WatchOS 5 tahun lalu. Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna Apple Watch untuk melakukan komunikasi suara ala push-to-talk dengan pengguna Watch lain.

Fitur Walkie-Talkie Apple Watch sebenarnya merupakan hasil modifikasi dari FaceTime Audio, yang kemudian dimigrasikan ke WatchOS 5.

Beberapa waktu lalu aplikasi ini dimatikan sementara oleh Apple karena adanya bug yang dapat disalahgunakan oleh peretas untuk menguping pembicaraan pengguna tanpa izin.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Mac Rumors
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X