Penjualan Smartphone Turun, Ini 5 Besar Penguasa Pasar Kuartal II 2019

Kompas.com - 28/08/2019, 09:49 WIB
Reklame promosi dari aneka merek ponsel dan gawai memadati ruang atrium di pusat perbelanjaan ITC Roxy Mas, Jakarta. KOMPAS.com/ WAHYUNANDA KUSUMA PERTIWIReklame promosi dari aneka merek ponsel dan gawai memadati ruang atrium di pusat perbelanjaan ITC Roxy Mas, Jakarta.

KOMPAS.com - Periset pasar kembali mengungkap lesunya penjualan smartphone pada kuartal II-2019. Seperti beberapa firma riset lainnya, Gartner juga menyebut penjualan smartphone pada periode tersebut menurun.

Penurunannya mencapai 1,7 persen secara year over year atau secara jumlah unit, menurun dari angka 374 juta menjadi 368 juta. Menurut Gartner, segmen high-end menjadi salah satu cukup anjlok penurunanya.

Selain karena harganya yang kian mahal, fitur yang ditawarkan juga belum sukses memikat konsumen. Apalagi siklus pergantian smartphone semakin lama.

Pertumbuhan penjualan smartphone terjadi di China dan Brazil, meski hanya mengalami peningkatan sangat tipis. Penjualan smartphone di Brazil mencapai 10,8 juta unit pada periode ini, dengan pertumbuhan secara year over year mencapai 1,3 persen.

Kemudian China mampu menjual 101 juta smartphone pada kuartal II-2019 ini atau naik 0,5 persen dari periode yang sama tahun lalu. Menurut Gartner, pertumbuhan di China ini didorong oleh smartphone 5G yang mulai dipasarkan di sana.

Sementara itu, India yang menjadi salah satu target pasar smartphone terbesar, justru mengalami penurunan. Pangsa pasar smartphone pada periode ini mencapai 9.7 persen dengan 35,7 juta unit terjual. Angka ini turun 2,3 persen secara year over year.

Kemungkinan besar, penurunan terjadi karena pelambanan upgrade ke smartphone baru.

Baca juga: Indonesia Jadi Pasar Smartphone Paling Subur se-Asia Tenggara

Untuk lima besar vendor, Samsung masih tetap merajai pabrikan smartphone global dengan pangsa pasar 20,4 persen dan penjualan 75 juta unit selama periode ini, dilansir KompasTekno dari Venture Beat, Rabu (28/8/2019).

Berikut 5 besar penguasa pasar smartphone global Q2-2019:

  1. Samsung (pangsa pasar 20,4 persen dengan 75 juta unit)
  2. Huawei (15,8 persen - 58 juta unit)
  3. Apple (10,5 persen - 38 juta unit)
  4. Xiaomi (9 persen - 33 juta unit)
  5. Oppo (7,6 persen - 28 juta unit)

Samsung mengalami kenaikan dari periode sebelumnya yang mencapai 19,3 persen. Galaxy A series disebut menjadi penyumbang terbesar peningkatan ini, sementara penjualan flagship yakni Galaxy S10 justru mengalami penurunan selama kuartal kedua.

Di bawah Samsung, duduk Huawei dengan pangsa pasar 15,8 persen, meningkat dari periode sebelumnya 13,3 persen meski dihantam pemblokiran oleh pemerintah AS. Apple, justru mengalami penurunan penjualan dari 11,9 persen pada periode lalu menjadi 10,5 persen pada periode ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X