Microsoft Siapkan Perbaikan untuk Update Windows 10 yang Bermasalah

Kompas.com - 11/09/2019, 08:10 WIB
Wallpaper khas Windows 10. MicrosoftWallpaper khas Windows 10.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Sebuah update opsional yang dirilis pada akhir Agustus lalu malah membuat Windows 10 bermasalah. Software asisten digital Cortana mendadak jadi "rakus" dan menyita banyak sumber daya CPU lewat process SearchUI.exe.
 
Setelah sempat dibanjiri keluhan oleh pengguna, Microsoft kini telah mengakui adanya masalah pada pembauran bernomor versi KB4512941 dan berjanji bakal menyalurkan perbaikan.

Baca juga: Update Windows 10 Bikin Cortana Jadi “Rakus”

"Saat ini kami sedang menyelidiki masalah di mana pengguna melaporkan penggunaan CPU tinggi yang ada kaitannya dengan "SearchUI.exe" setelah memasang pembaruan opsional pada 30 Agustus (KB4512941)," kicau akun Twitter @WindowsUpdate.

Perbaikan dimaksud, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Metro.co.uk, Rabu (11/9/2019), diperkirakan akan rilis sekitar pertengahan bulan September ini, tapi waktu persisnya belum diketahui.

Process "SearchUI.exe" yang digunakan oleh Cortana kabarnya bisa memakan sumber daya CPU hingga 40 persen hingga 90 persen, berikut memori di kisaran 100 MB hingga 200 MB. Dampaknya, kinerja komputer pun bisa berkurang dan baterai cepat habis.

Sebagai solusi sementara, pengguna bisa mencoba mengganti nama folder yang menampung program "SearchUI.exe".

Baca juga: Akhirnya, Windows 10 Kuasai Pasaran SIstem Operasi PC

Caranya, buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Del pada keyboard secara bersamaan. Setelah itu, pilih tab "Details", klik kanan process "SearchUI.exe" dan pilih menu "Open file location".

Namun, sebelum mengganti nama folder, matikan dulu proses "SearchUI.exe" yang ada di tab "Details" tadi dengan mengklik tombol "End task".

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X