Kompas.com - 12/09/2019, 07:06 WIB
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Apple meluncurkan trio iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max dalam acara di AS hari Selasa (10/9/2019). Bersama dengan kedatangan mereka, iPhone XS dan XS Max keluaran tahun lalu tiba-tiba menghilang.

Berdasarkan pantauan KompasTekno di situs Apple.com, iPhone XS dan XS Max tampak sudah hilang dari deretan ikon produk. Artinya, kedua ponsel ini sudah tidak lagi dijual oleh Apple.

Posisi ikon produk iPhone XS dan iPhone XS Max sepertinya digantikan oleh ikon yang mewakili produk iPhone 11 Pro dan iPhone 11 yang baru saja diluncurkan oleh Apple. Ilustrasinya bisa dilihat dalam gambar di bawah.

Baca juga: Ini Harga dan Spesifikasi iPhone 11, iPhone 11 Pro, Serta iPhone 11 Pro Max

Lewat sebuah pernyataan, Apple mengatakan bahwa iPhone XS dan XS Max memang sudah discontinued atau dihentikan.

Langkah tersebut sebenarnya tidak mengherankan karena Apple kerap menyetop produk lama yang dinilai sudah terganti oleh keluaran terbaru. Pada peluncuran iPhone XS dan XS Max tahun lalu pun, Apple langsung menyetop iPhone X, iPhone 6S, dan iPhone SE.

Ilustrasi situs Apple.com yang memampang produk-produk AppleKOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi situs Apple.com yang memampang produk-produk Apple

iPhone XR, iPhone 8 turun harga

Berbeda dari duo iPhone XS yang lenyap, iPhone XR dan iPhone 8 yang lebih lawas masih ada dan justru turun harga.

Di toko Apple untuk wilayah AS, iPhone XR kini dihargai mulai 600 dollar AS (Rp 8,5 juta), turun dari harga peluncuran sebesar 750 dollar AS (Rp 8,5 juta),

Sementara, iPhone 8 sekarang dijual dengan banderol mulai 450 dollar AS 9Rp 6,4 juta), turun dari harga peluncuran sebesar 700 dollar AS (Rp 9,9 juta).

Baca juga: Seperti Android, Kamera iPhone 11 dan 11 Pro Kini Punya Night Mode

Selain iPhone XS dan XS Max, Apple juga menghentikan penjualan Apple Watch 4 dan iPad 9,7 inci generasi keenam di situs Apple.com lantaran sudah ada Apple Watch 5 dan iPad 10,2 inci, seperti dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Rabu (11/9/2019).

Kendati begitu, peminat iPhone XS dan iPhone XS Max, beserta perangkat Apple lain yang telah discontinue masih bisa membeli produk Apple lawas melalui kanal distributor iPhone selagi stoknya masih ada

Mereka juga bisa mengunjungi situs berikut untuk membeli aneka produk Apple rekondisi (refurbished) dengan garansi resmi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.