Malindo Air Konfirmasi Jutaan Data Penumpang Bocor

Kompas.com - 18/09/2019, 15:43 WIB
Armada Boeing dari Malindo Air. Malindo AirArmada Boeing dari Malindo Air.

KOMPAS.com - Data penumpang Malindo Air, maskapai yang ada di bawah payung Lion Air Group, diduga bocor di forum pertukaran data, terbuka di dunia maya beberapa pekan lalu.

Data itu diduga bocor selama satu bulan terakhir, namun baru diketahui oleh pihak Malindo Air pekan lalu.

"Kami baru mengetahui tentang kebocoran data ini minggu lalu," kata CEO Malindo Air, Chandran Rama Muthy, sebagaimana dikutip KompasTekno dari SCMP, Rabu (18/9/2019).

Adapun data-data penumpang Malindo Air yang bocor mencakup detail data pribadi yang tercantum di dalam paspor, alamat rumah, hingga nomor telepon.

Baca juga: Data Pribadi Jutaan Influencer Instagram Bocor

Meski begitu, Chandran tidak membeberkan berapa jumlah penumpang yang data pribadinya terekspos.

Namun, akun Twitter @underthebreach mengumbar bahwa ada dua database penumpang yang bocor ke publik, yang tersimpan di server public Amazon Web Service (AWS).

Database pertama menampung sekitar 21 juta data penumpang, sementara database kedua menampung sekitar 14 juta data penumpang. Kedua database ini merupakan milik Malindo Air dan Thai Lion Air.

Ada juga referensi yang menyebutkan bahwa data tersebut milik Batik Air, maskapai yang masih menjadi bagian dari Lion Air.

Konfirmasi Malindo Air

Terkait kasus data penumpang yang bocor ini, pihak Malindo Air, melalui keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (18/9/2019), mengatakan bahwa mereka, bersama pihak terkait, sedang menginvestigasi kasus tersebut.

"Malindo Air bekerja sama dengan konsultan cybercrime independen, melaporkan kejadian ini dan untuk proses penyelidikan," kata pihak Malindo Air.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X