Mode Gelap Gmail Resmi Digulirkan untuk Android dan iOS

Kompas.com - 25/09/2019, 13:09 WIB
Ilustrasi Gmail ShutterstockIlustrasi Gmail
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Kehadiran dark mode alias mode gelap pada sebuah aplikasi atau layanan, kini telah menjadi sebuah tren. Google pun demikian, perusahaan ini secara bertahap mulai menyediakan mode gelap pada sejumlah layanan miliknya.

Kali ini pengguna Gmail yang menantikan kehadiran mode gelap boleh bersukacita. Pasalnya, Google secara resmi mulai menggelontorkan "dark mode" dengan tampilan serba gelap ke layanan Gmail di platform Android maupun iOS.

Pengguna yang sudah kebagian fitur tersebut dapat mengaktifkan mode gelap melalui menu pengaturan pada aplikasi Gmail.

Baca juga: Aplikasi Office di Android dan iOS Dapat Mode Gelap

Ada sebuah opsi baru bertuliskan "theme" atau "tema". Di sanalah pengguna bisa memilih untuk menggunakan tema gelap atau tidak.

Namun jika pengguna sudah menggunakan Android 10 atau iOS 13 pada perangkat, mode gelap pada Gmail akan aktif secara otomatis. Sehingga pengguna tidak perlu repot-repot masuk ke menu pengaturan untuk mengaktifkan mode tersebut.

Mode gelap Gmail di Andorid 10XDA Developers Mode gelap Gmail di Andorid 10

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (25/9/2019), Google mengatakan butuh waktu hingga 15 hari atau lebih agar semua pengguna aplikasi Gmail di seluruh dunia bisa kebagian mode gelap yang digulirkan secara bertahap.

Google sendiri sudah membawa tema serba gelap ini ke sejumlah layanan miliknya seperti YouTube, Google Maps, Google Messages, hingga Snapseed. Kabarnya dalam waktu dekat toko aplikasi Google Play Store juga akan kebagian tema gelap.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Aplikasi-aplikasi Google

Mode gelap sendiri dipercaya memiliki sejumlah keunggulan ketimbang mode biasa. Mode gelap dapat melindungi mata pengguna dari cahaya terang pada latar putih di sejumlah aplikasi Android.

Selain itu mode gelap ini juga sangat berguna jika pengguna melihat layar ponsel dalam kondisi cahaya yang minim, seperti malam hari. Rasa silau yang dialami mata pengguna akan dapat diminimalisir.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X