Diuji, Mode Gelap iOS 13 Bisa Bikin Baterai iPhone Tahan Lebih Lama

Kompas.com - 21/10/2019, 12:49 WIB
Dark mode di iPhone 9to5 MacDark mode di iPhone

KOMPAS.com - Mode gelap alias dark mode sedang menjadi fitur yang digandrungi para pengembang software dan konsumen saat ini.

Beberapa platform dan pengembang aplikasi ramai-ramai menawarkan mode gelap mereka, termasuk Apple yang belakangan menyematkan dark mode di pembaruan iOS 13.

Konon, selain membuat mata lebih nyaman melihat layar, mode gelap ini juga bisa menghemat daya baterai.

Untuk membuktikannya, situs teknologi Phone Buff membuat video khusus menandingkan daya tahan baterai antara mode gelap dan mode terang (light mode) di iPhone.

Baca juga: Begini Tampilan Mode Gelap di iOS 13

Dalam tes ini mereka menggunakan robot untuk menngoperasikan ponsel melalui beberapa aplikasi, seperti berkirim pesan, menonton YouTube, dan membuka peta. Hasilnya cukup signifikan.

Dari tes satu ke tes lainnya, terlihat bahwa daya yang dikonsumsi gelap memang lebih sedikiti dibanding mode "terang" konvensional.

Pada dua jam pertama, selisih konsumsi baterai terpaut tipis. Sama-sama memulai dari angka 100 persen, baterai di mode gelap tersisa 88 persen sementara mode terang 83 persen.

Baca juga: Apple Rilis iOS 13.1.1 untuk Atasi Masalah Keyboard dan Baterai Boros

Perbedaan cukup drastis tampak setelah enam jam berlalu. Selisihnya bisa 20 persen. Daya baterai iPhone yang menggunakan mode gelap tersisa 43 persen sementara mode terang hanya tinggal 20 persen.

Perbandingan daya tahan baterai mode gelap vs mode terang di iPhonePhone Buff Perbandingan daya tahan baterai mode gelap vs mode terang di iPhone

Sampai pada akhirnya di percobaan terakhir ke tujuh jam tiga puluh tiga menit, iPhone dengan mode terang mati total sedangkan baterai iPhone mode gelap tersisa sekitar 30 persen.

Perlu diperhatikan bahwa kedua iPhone ini menggunakan layar OLED yang mendapat manfaat lebih maksimal dari mode gelap, ketimbang jenis panel LCD.

"(Karena) black pixel benar-benar mati (di layar OLED) tidak seperti black pixel di layar lain seperti LCD," jelas salah satu tim Phone Buff dalam video tersebut.

Baca juga: Apple Maps di iOS 13 Punya Fitur Mirip Google Street View

Itu artinya, hasil uji coba ini kemungkinan besar akan cocok untuk iPhone X, iPhone XS, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max yang dibekali latar OLED.

Sementara iPhone XR dan iPhone 11 yang mengadopsi panel LCD kemungkinan mendapatkan hasil berbeda, sebagaimana KompasTekno himpun dari 9to5 Mac, Senin (21/10/2019).

Ia juga menjeslakan bahwa dua ponsel ini menggunakan tingkat kecerahan layar 200 nits. Bagaimana keseluruhan uji coba mode gelap vs mode terang ini? Hasil percobaan Phone Buff selengkapnya bisa disimak dalam video di tautan berikut.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber 9to5mac
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X