Bekraf Dilebur Lagi ke Kemenpar, Dipimpin Wishnutama

Kompas.com - 24/10/2019, 08:03 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio dalam sambutan Upacara Serah Terima Jabatan Menteri Pariwisata, menyebut kreativitas dapat menjadi daya tarik wisatawan, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Biro Siaran Pers Kementerian PariwisataMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio dalam sambutan Upacara Serah Terima Jabatan Menteri Pariwisata, menyebut kreativitas dapat menjadi daya tarik wisatawan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pada Rabu (23/10/2019), Presiden Joko Widodo mengumumkan nama-nama menteri di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Salah satunya adalah Wishnutama Kusubandio yang menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Wishnutama turut membawahi Badan Ekonomi Kreatif ( Bekraf) yang kini kembali dilebur ke Kementerian Pariwisata seperti pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2014 lalu.

Saat ditemui Kompas.com kemarin, Kepala Bekraf Triawan Munaf membenarkan bahwa lembaga tersebut kini kembali dilebur dengan Kementerian Pariwisata.

Baca juga: Profil Menteri Pendidikan Nadiem Makarim, Lulusan Harvard yang Dirikan Gojek

“Betul, seperti tahun 2014 lagi,” kata Triawan, sambil menambahkan bahwa proses peleburan hingga pembubaran Bekraf secara kelembagaan masih dibicarakan.

Sebelumnya, Bekraf sempat berdiri terpisah sebagai lembaga pemerintah non-kementerian yang dibentuk oleh Peraturan Presiden Nomor 6 tahun 2015. Triawan selaku kepalanya mendapat hak keuangan dan fasilitas setingkat menteri.

Bekraf bertugas memperkuat ekonomi kreatif Indonesia di berbagai bidang, mulai dari arsitektur, seni, software aplikasi dan game, film, hingga kuliner.

Alasan pemilihan Wishnutama

Mengenai pemilihan Wishnutama sebagai Menparekraf, menggantikan Arif Yahya yang sebelumnya menduduki jabatan tersebut, alasannya belakangan diungkap oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Menurut Erick, Presiden Jokowi percaya bahwa ide kreatif WIshnutama bisa mendongkrak potensi wisata di Indonesia. Dia mencontohkan ajang Asian Games beberapa waktu lalu yang eksekusi kreatifnya ditangani Wishnutama dan dinilai sukses mempromosikan Indonesia.

Mantan Ketua Tim Kampanye Jokowi-Ma;ruf Amin ini pun meyakini Wishnutama memiliki ide-ide untuk menggaet wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia, seperti dengan cara membuat film.

“Misalnya WIshnutama daripada pasang iklan, dia bikin film yang kelas dunia,” ujar Erick kepada Kompas.com. “Ini kan sesuatu yang out-of-the-box,” imbuhnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X