iPhone 11 Diam-diam Lacak Lokasi Pengguna, Apa Kata Apple?

Kompas.com - 08/12/2019, 08:06 WIB
Logo Apple di iPhone 11 Pro HotHardwareLogo Apple di iPhone 11 Pro

KOMPAS.com - Seri ponsel iPhone 11 dan iPhone 11 Pro belakangan menjadi sorotan lantaran diketahui diam-diam melacak pengguna, meski setting aplikasi sudah diatur agak tidak meneruskan data lokasi.

Apple kemudian menanggapi isu yang diungkap oleh peneliti keamanan Brian Krebs itu dengan membenarkan bahwa iPhone 11 memang senantiasa memantau lokasi. Sebabnya terkait dengan teknologi ultra wideband yang mesti dimatikan di tempat tertentu.

Phone 11 harus selalu memonitor lokasinya berada supaya tahu apakah ultra wideband bisa terus dinyalakan atau tidak.

Baca juga: Resmi Dijual Hari Ini, Ini Harga iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max di iBox

"Manajemen ultra wideband dan penggunaan lokasi data sepenuhnya dilakukan di dalam perangkat (iPhone). Apple tidak mengambil data lokasi pengguna," sebut Apple dalam sebuah pernyataan.


Apa pula ultra wideband? Fitur yang merupakan bagian dari chip U1 di jajaran iPhone 11 ini memungkinkan perangkat-perangkat dalam jarak berdekatan untuk saling berkomunikasi secara lokal, tanpa harus tergantung pada sinyal ponsel atau satelit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Contoh kegunaannya, apabila pengguna iPhone 11 ingin berbagi file ke perangkat lain di dalam ruangan dengan fitur AirDrop, ponsel cukup diarahkan ke perangkat itu saja. Perangkat tujuan lantas akan muncul di layar dan bisa dipilih untuk mengirim file.

Baca juga: iPhone 11 Rilis di Indonesia, Harga iPhone XR, XS, dan XS Max Turun

Chip U1 di iPhone 11 inilah yang terus menerus melacak lokasi pengguna. Ada cara agar iPhone 11 berhenti memonitor lokasi, yakni dengan mematikan location services sama sekali secara global -bukan secara individual untuk aplikasi.

Namun, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechSpot, Minggu (8/12/2019), apabila itu dilakukan, aplikasi-aplikasi yang bergantung pada layanan lokasi -misalnya peta- tidak akan berfungsi dengan normal.  

Apple sendiri mengatakan berencana menambah semacam switch untuk menghidupkan dan mematikan pelacakan lokasi oleh chip U1 di iPhone 11 dan iPhone 11 Pro, supaya lebih transparan untuk pengguna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber TechSpot
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.