Oppo Ungkap Wujud Ponsel dengan Kamera Depan di Balik Layar

Kompas.com - 10/12/2019, 17:13 WIB
Purwarupa ponsel Oppo dengan kamera depan di balik layar. KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma PertiwiPurwarupa ponsel Oppo dengan kamera depan di balik layar.

SHENZEN, KOMPAS.com - Selama ini, Oppo mengadopsi "notch" atau pop-up untuk "rumah" kamera depan di smartphone-nya.

Namun, vendor ponsel China itu telah mengembangkan teknologi under screen camera (USC) yang diperkenalkan pada acara Mobile World Conference 2019 di Shanghai, beberapa bulan lalu.

Saat diumumkan di Shanghai, teknologi itu masih tahap awal. Oppo kini kembali memamerkannya dalam purwarupa smartphone dengan desain yang lebih elegan, dibanding saat pertama kali diumumkan.

Purwarupa baru ini dipajang di rangkaian acara Oppo Inno Day 2019 yang dihadiri KompasTekno, yang berlangsung di Shenzen, Selasa (10/12/2019).

Baca juga: Oppo Perkenalkan Kacamata Augmented Reality dan Router 5G

Kamera depan purwarupa ponsel Oppo yang tersembunyi di balik layar.KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Kamera depan purwarupa ponsel Oppo yang tersembunyi di balik layar.
Sebagaimana namanya, kamera depan disembunyikan di bawah layar OLED. Belum banyak yang dikuak Oppo tentang teknologi ini, sebab masih dalam tahap finalisasi karena rancangannya yang rumit, ketimbang modul kamera depan yang beredar saat ini.

Tapi, Oppo mengklaim kualitas kamera tidak kalah dengan hasil jepretan kamera selfie konvensional pada umumnya, yang lensanya tidak terintegrasi dengan layar.

Saat KompasTekno mencoba, hasil foto terlihat baik, sebagaimana kamera depan lini ponsel Oppo yang telah beredar di pasaran.

Lensa kamera depan yang tertanam di balik layar ponsel purwarupa Oppo.KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Lensa kamera depan yang tertanam di balik layar ponsel purwarupa Oppo.
Sekilas, lensa kamera memang tidak terlihat, karena tertanam di dalam layar OLED. Namun jika diamati lebih dekat, lensa kamera akan terlihat tepat di tengah sisi atas layar. Penampakannya akan semakin terlihat di hasil foto dengan latar belakang putih.

Meski lensa kamera tertanam di balik layar, namun bagian layar tempat lensa singgah itu tetap bisa dioperasikan dengan jari, fungsi layar sentuhnya tetap berjalan.

Minim lubang

Purwarupa smartphone ini juga punya keunikan lain, yakni minim lubang. Tidak ada lubang pengisi daya maupun lubang audio jack di sisi manapun.

"Pengisi daya dilakukan dengan wireless VOOC yang bisa mengisi daya baterai 4.000 mAh dalam waktu 80 menit," jelas Aryo Medianto, PR Manager Oppo Indonesia.

Baca juga: Oppo Pamer Ponsel Pertama dengan Kamera Selfie di Bawah Layar

Ada lubang yang tersisa adalah microphone yang ada di sisi atas ponsel. Lantas, bagaimana dengan suara apabila lubang speaker ditiadakan?

Purwarupa ponsel Oppo yang minim colokan.KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Purwarupa ponsel Oppo yang minim colokan.
Oppo menanamkan speakernya di bawah layar, meski belum banyak menjelaskan bagaimana teknologi tersebut bekerja.

Tidak hanya minim lubang, tombol fisiknya pun diperkecil dan dipertipis, seakan tanpa tombol fisik. Seperti di lini smartphone sebelumnya, tombol daya berada di sisi kanan, sementara tombol volume ada di sisi kiri.

Sekali lagi, smartphone tersebut belum resmi diluncurkan Oppo, dan masih bersifat purwarupa. Oppo mengatakan masih akan mengembangkan smartphone ini sebelum akhirnya dijual secara komersil.

Bahkan nama apa yang akan disematkan pun masih misterius. Bisa jadi, Oppo bakal merilis smartphone purwarupa ini secara komersil dalam waktu dekat.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X