Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat dari Dekat Ponsel Oppo Berkamera Depan di Balik Layar

Kompas.com - 10/12/2019, 18:41 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

SHENZEN,KOMPAS.com - Oppo baru saja memamerkan purwarupa smartphone dengan kamera depan tersembunyi dan minim lubang. Purwarupa itu dipajang di acara Oppo Inno Day 2019 yang berlangsung di Shenzen, China, Selasa (10/12/2019).

Kamera depan tidak disembunyikan dengan mekanisme pop-up seperti Oppo Reno, melainkan ditanamkan di bawah lapisan layar OLED.

Sebenarnya, Oppo telah memperkenalkan purwarupa smartphone ini di ajang Mobile World Conference 2019 di Shanghai beberapa bulan lalu.

Akan tetapi, desain purwarupa yang dipajang di Oppo Inno Day 2019 kali ini lebih elegan. Sudut layarnya membulat, tidak "tajam" seperti purwarupa sebelumnya.

Baca juga: Oppo Ungkap Wujud Ponsel dengan Kamera Depan di Balik Layar

Punggungnya bermaterial kaca dan dihiasi tiga kamera belakang yang tersusun vertikal di tengah bodi. Daya tarik smartphone ini tidak hanya di bagian kamera depan yang samar.

Kamera depan purwarupa ponsel Oppo yang tersembunyi di balik layar.KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Kamera depan purwarupa ponsel Oppo yang tersembunyi di balik layar.
Tapi juga bodi yang hampir tidak dihiasi lubang. Hanya ada satu lubang di sisi atas ponsel yakni mikrofon. Sementara di sisi bawah tidak ditemukan lubang pengisi daya, speaker, maupun jack audio.

Seperti kamera, Oppo menanamkan speaker di dalam layar. Sayangnya, Oppo masih belum banyak menjelaskan bagaimana teknologi ini bekerja.

Bagaimana dengan tombol fisiknya? Di purwarupa ini, tombol fisik masih tersedia. Tombol daya tersemat di sisi kanan, sementara tombol volume ada di sisi kiri.

Namun, tombol-tombol ini ukurannya diperkecil dan lebih tipis dibanding smartphone Oppo sebelum-sebelumnya. Sehingga saat pertama kali menggenggam, tombol tersebut hampir tidak terasa.

Baca juga: Oppo Perkenalkan Kacamata Augmented Reality dan Router 5G

Purwarupa ponsel Oppo yang minim colokan.KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Purwarupa ponsel Oppo yang minim colokan.
Purwarupa ponsel Oppo yang minim colokan.KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Purwarupa ponsel Oppo yang minim colokan.
Namun, belum diketahui nama apa yang akan disematkan ke smartphone ini. Oppo sendiri masih bungkam soal kapan smartphone kamera depan tersembunyi ini akan diluncurkan.

Pabrikan asal China ini hanya mengatakan masih akan menyempurnakannya sebelum resmi dirilis secara komersil. Bagaimana wujud purwarupa smartphone ini? Simak selengkapnya di galeri foto berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com