Ramai "Mainframe" BPRD Jakarta Rp 128 Miliar, Ini 10 Superkomputer Termahal di Dunia

Kompas.com - 10/12/2019, 19:21 WIB
Supercomputer wikipedia.orgSupercomputer

KOMPAS.com- Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta menganggarkan dana Rp 128,9 miliar untuk pengadaan satu unit komputer, lengkap dengan perangkatnya. Komputer yang dimaksud adalah komputer "mainframe".

Adapun dalam RAPBD DKI Jakarta, komputer mainframe yang dimaksud sudah disebut merek dan serinya secara spesifik.

Merek yang dimaksud adalah IBM bertipe ZR1 dari seri z14 (tipe mesin 3907). Harga satu unitnya ditulis dalam RAPBD sebesar Rp 66,6 miliar.

Namun, angka Rp 66 miliar itu ternyata belum apa-apa dibandingkan dengan harga superkomputer yang dibuat oleh vendor-vendor IT dunia.

Baca juga: Apa Itu Komputer Mainframe yang Ingin Dibeli BPRD DKI?

Penasaran seperti apa produk yang dibanderol dengan harga fantastis tersebut?
Berikut daftar 10 superkomputer termahal di dunia, dikutip KompasTekno dari The Richest, Selasa (10/12/2019).

10. IBM Roadrunner (Rp 182 miliar)

IBM Roadrunnerwikipedia.org IBM Roadrunner

Sesuai dengan namanya, superkomputer ini dibangun oleh IBM di Laboratorium Nasional Los Alamos, New Mexico, Amerika Serikat.

Baca juga: Apa Itu Komputer Mainframe yang Ingin Dibeli BPRD DKI?

Superkomputer ini dirancang untuk mampu melakukan pemrosesan dengan kecepatan 1,7 petaflops. Meskipun begitu, pencapaian tertinggi IBM Roadrunner terjadi pada November 2008 dengan besaran 1.456 petaflops.

Dengan daya yang dibutuhkan sebesar 444,94 megaflops per watt, menjadikan IBM Roadrunner sebagai superkomputer dengan energi terefisien ke-empat di dunia, versi Supermicro Green500.

9. Vulcan Bluegene (Rp 1,4 triliun)

Vulcan Bluegene Qllnl.gov Vulcan Bluegene Q

Vulcan Bluegene merupakan proyek arsitektur untuk memproduksi beberapa superkomputer.
Superkomputer ini dirancang untuk mampu dioperasikan dengan kecepatan petaFlops. Meskipun begitu, Blue Gene hanya mampu melaju dengan kecepatan hampir 500 teraFlops.

Super komputer ini dikembangkan bersama-sama oleh IBM, Laboratorium Nasional Lawrence Livermore, Departemen Energi Amerika Serikat, dan akademia. Saat ini Blue Gene merupakan superkomputer tercepat kesembilan di dunia menurut Top500.org.

BlueGene/Q adalah generasi ketiga dari proyek-proyek IBM (setelah BlueGene/L dan BlueGene/P) yang bertujuan untuk menciptakan superkomputer, yang dapat mencapai kecepatan operasi dalam kisaran PFLOPS, dengan konsumsi daya yang rendah.

8. SuperMUC (Rp 1,5 triliun)

SuperMUCresearch.ibm.com SuperMUC

Sistem ini menggunakan server buatan IBM yang beroperasi di Linux dan berisi lebih dari 19.000 prosesor Intel dan Westmere-EX, serta memiliki kinerja puncak di atas 3 PFLOPS.

Baca juga: Pakar IT Komentari Anggaran Komputer Mainframe Rp 128 Miliar BPRD DKI

SuperMUC saat ini menempati posisi sebagai superkomputer tercepat ke-14 di dunia. Tak hanya itu, SuperMUC juga digunakan oleh para peneliti Eropa di sejumlah bidang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X