Cara Mengirimkan E-mail Lain sebagai Lampiran di Gmail

Kompas.com - 19/12/2019, 12:47 WIB
Ilustrasi Gmail ShutterstockIlustrasi Gmail

KOMPAS.com - Google menambah kemampuan baru ke Gmail. Layanan tersebut kini bisa mengirimkan e-mail lain sebagai lampiran di surat elektronik yang akan dikirim.

Caranya mudah saja, yakni cukup dengan membuka kotak masuk (inbox) di situs Gmail, lalu klik dan geser (drag and drop) e-mail yang akan dilampirkan ke jendela penulisan e-mail yang terbuka.

Baca juga: Begini Cara Mengirim File Lebih dari 25 MB lewat Gmail

E-mail dari inbox tadi kemudian akan ditambahkan sebagai attachment di bodi pesan. Pengguna bisa melampirkan lebih dari satu e-mail apabila diinginkan.

E-mail lain bisa langsung digeser (drag and drop) ke dalam jendela penulisan yang terbuka untuk dikirimkan sebagai attachment. Google E-mail lain bisa langsung digeser (drag and drop) ke dalam jendela penulisan yang terbuka untuk dikirimkan sebagai attachment.

Ada juga cara lainnya dengan membuka inbox dan memilih e-mail mana saja yang akan diteruskan sebagai lampiran. Lalu, klik tombol overflow yang bersimbol tiga titik vertikal di bagian tengah atas layar, kemudian pilih opsi "Forward as attachment".

Baca juga: Mode Gelap Gmail Resmi Digulirkan untuk Android dan iOS

Google menambahkan fitur "e-mail dalam e-mail" ini dengan maksud mempermudah pembahasan sebuah topik via e-mail. Daripada mengirim banyak e-mail terkait satu topik secara terpisah, lebih gampang untuk mencantumkan rangkaian e-mail tadi sebagai lampiran.

Bisa juga dengan memilih dulu e-mail mana saja yang akan dilampirkan di inbox, lalu pilih opsi Forward as attachment dari tombol overflow di sisi atas.Google Bisa juga dengan memilih dulu e-mail mana saja yang akan dilampirkan di inbox, lalu pilih opsi Forward as attachment dari tombol overflow di sisi atas.

"Dengan mengirim e-mail sebagai attachment, Anda bisa menulis rangkuman topik secara singkat dengan disertai lampiran berisi e-mail pendukung yang kemudian bisa dibuka oleh penerima," tulis Google dalam sebuah posting blog berisi pengumuman soal fitur ini.

Perlu ditambahkan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (19/12/2019), e-mail lain akan dilampirkan sebagai attachment dengan ekstensi file .eml.

Baca juga: Cara Memblokir Gambar pada Gmail yang Bikin Berat

Ketika dijajal oleh KompasTekno, file .eml ini bisa dibuka dengan lancar di jendela terpisah di Gmail versi web. Namun, ketika coba dibuka lewat aplikasi Yahoo Mail di Android yang merupakan layanan e-mail lain, hanya muncul teks acak.

Tampilan kiriman attachment e-mail lain yang dibuka dalam jendela preview oleh Gmail.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Tampilan kiriman attachment e-mail lain yang dibuka dalam jendela preview oleh Gmail.

Fitur pengiriman e-mail sebagai lampiran akan digulirkan secara bertahap oleh Google hingga akhir Januari 2020 mendatang. Untuk yang sudah kebagian, pilihan "Forward as attachment" akan muncul di tombol overflow berupa tiga titik vertikal di atas tampilan situs Gmail.



Sumber phonearena
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X