Dua Kompetisi Game Ditunda Gara-gara Wabah Virus Corona

Kompas.com - 29/01/2020, 12:51 WIB
Timnas esports Indonesia bertanding melawan timnas esports Filipina dalam final Mobile Legends SEA Games 2019 di Filoil Flying V Center, Manila, Filipina, Minggu (8/12/2019). Timnas esports Indonesia berhasil meraih medali perak. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGTimnas esports Indonesia bertanding melawan timnas esports Filipina dalam final Mobile Legends SEA Games 2019 di Filoil Flying V Center, Manila, Filipina, Minggu (8/12/2019). Timnas esports Indonesia berhasil meraih medali perak.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

 KOMPAS.com - Tak hanya melumpuhkan aktivitas sehari-hari, penyebaran virus Corona di beberapa wilayah di China juga menghambat sejumlah gelaran esports yang digelar beberapa pihak di negara tersebut.

Ada dua acara esports di Negeri Tirai Bambu yang dipastikan telah ditunda oleh pihak penyelenggara, yakni turnamen League of Legends Pro League ( LPL) dan kompetisi World Electronic Sport Games ( WESG) level Asia Pasifik. 

Baca juga: Pantau Persebaran Virus Corona Lewat Peta Online Ini

Penyelenggara LPL yang melombakan game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) League of Legends (LoL) itu mengumumkan informasi soal penundaan kompetisi tersebut di jejaring sosial Twitter.

"Kami memutuskan untuk menunda minggu kedua dari kompetisi LPL hingga kami bisa memastikan keamanan dan kesehatan para pemain dan penggemar," ujar pihak LPL.

Sementara penyelenggara WESG yang mengkompetisikan game Counter-Strike: Global Offensive menyampaikan penundaan turnamen melalui situs micro-blogging Weibo.

Baca juga: Atlet E-sports Profesional Bisa Kantongi Gaji Puluhan Juta Rupiah

Begini sekiranya pernyataan mereka jika diterjemahkan ke bahasa Inggris (dari bahasa Mandarin.

Pernyataan pihak penyelenggara turnamen WESG di Weibo.Weibo Pernyataan pihak penyelenggara turnamen WESG di Weibo.
"Kami memutuskan untuk menunda ajang Final WESG keempat di level Asia Pasifik yang rencananya bakal digelar di kota Macau, China, Februari mendatang," tutur WESG. 

Kendati begitu, pihak penyelenggara LPL dan WESG belum memberikan informasi resmi terkait kapan kedua turnamen ini bakal dilanjutkan kembali atau justru sepenuhnya dibatalkan.

Namun, Riot Games, selaku pengembang game LoL, mengonfirmasi bahwa tim mereka di China telah bekerja sama dengan aparat setempat untuk memantau situasi terkini terkait kegiatan esports yang digelardi negara tersebut.

Baca juga: Startup Inilah yang Pertama Kali Mendeteksi Penyebaran Virus Corona

Virus Corona diduga berasal dari kota Wuhan, China, dan mulai menyebar sekitar akhir 2019 lalu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Polygon, Rabu (29/1/2020). 

Dalam perkembangan tebaru, virus bernama Novel Coronavirus (2019-nCoV) ini sudah terdeteksi menyebar ke 16 negara.

Beberapa di antaranya adalah China, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Singapura, Australia, Amerika Serikat, Kamboja, Malaysia, Nepal, Kanada, Sri Lanka, Perancis, Vietnam, dan Jerman.

Di China, hingga Selasa kemarin, infeksi virus Corona yang sudah terkonfirmasi dilaporkan mencapai kisaran 6.000 kasus dengan lebih dari 130 korban meninggal.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Polygon
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X