Samsung Galaxy S20 Punya Layar 120Hz, Apa Fungsinya?

Kompas.com - 13/02/2020, 08:02 WIB
Trio Samsung Galaxy S20, S20 reguler, S20 Plus, dan S20 Ultra (kiri ke kanan). YUDHA PRATOMO/KOMPAS.comTrio Samsung Galaxy S20, S20 reguler, S20 Plus, dan S20 Ultra (kiri ke kanan).

KOMPAS.com - Samsung menyematkan sejumlah peningkatan di trio Galaxy S20. Salah satunya ada di peningkatan layar yang lebih mutakhir dan kekinian.

Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, dan Galaxy S20 Ultra kini dibekali refresh rate 120Hz. Fitur ini baru pertama kali disematkan di smartphone Samsung.

Layar dengan refresh rate 120Hz kini memang sedang menjadi unggulan beberapa smartphone flagship, khususnya ponsel gaming.

Spesifikasi layar yang tinggi semacam ini akan memberikan pengalaman visual seperti video dan game lebih nyaman.

Terutama bagi para pemain game mobile berat, seperti PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, dan sejenisnya. Video game yang berjalan di frame rate 120 fps pada layar 120Hz akan terasa lebih halus dibanding dengan game yang dijalankan di 60fps pada layar 60Hz.

Baca juga: Apa Itu Angka Refresh Rate 120 Hz di Ponsel Gaming?

Terlebih, layar trio Galaxy S20 ini memiliki touch sensitive hingga 240Hz. Itu berarti, layarnya akan menjadi lebih responsif sehingga meningkatkan pengalaman saat bermain game.

Refresh rate 120Hz di trio Galaxy S20 bisa diatur manual di menu pengaturan layar. Pengguna bisa memilih apakah ingin selalu mengaktifkan layar dengan refresh rate 120Hz atau hanya 60Hz.

Tentu saja ada konsekuensinya. Mengaktifkan layar refresh rate 120Hz terus menerus akan mengonsumsi banyak daya. Sebab, semakin tinggi angka refresh rate, semakin besar pula daya yang dibutuhkan.

Namun, dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (12/2/2020), peningkatan refresh rate dari 60Hz ke 120 Hz hanya akan mempengaruhi 10 persen dari masa pakai baterai.

Namun, dilansir dari Gizmodo, mode refresh rate 120Hz hanya bisa digunakan pada resolusi full HD Plus saja.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X