Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Nonton YouTube di Chrome Sambil Buka Tab Lain

Kompas.com - 15/02/2020, 14:16 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber TheNextWeb

KOMPAS.com - Mendengar musik sambil browsing internet atau bekerja banyak dilakukan agar lebih produktif. Bagaimana jika Anda juga ingin menonton klip video musik, tak hanya mendengar alunan suaranya saja?

Anda bisa menggunakan browser Chrome apabila ingin menyelesaikan pekerjaan atau browsing sambil menonton video secara bersamaan.

Chrome memiliki fitur yang disebut Picture in Picture. Fitur ini seperti mini player Youtube karena jendela videonya dapat diatur menjadi kecil dan bisa digeser ke berbagai sudut layar dekstop. 

Sebelum menggunakan fitur ini, pastikan Anda sudah menggunakan Chrome versi terbaru.

Picture in Picture Chrome yang dilakukan di Youtubethenextweb Picture in Picture Chrome yang dilakukan di Youtube

Caranya sangat mudah, arahkan kursor mouse ke tampilan video yang sedang diputar, kemudian klik tombol kanan mouse Anda. Kemudian dalam menu tersebut akan muncul pilihan Picture in Picture.  

Apabila Anda memilih menu itu, secara langsung video akan muncul di jendela kecil di sudut layar Anda, tetapi Anda bebas untuk memindahkannya sesuka Anda, atau memperbesar ukuran jendelanya.

Contoh Mini Video Picture in Picture dalam tab lainKOMPAS/Putri Zakia Salsabila Contoh Mini Video Picture in Picture dalam tab lain

Namun, dalam fitur ini Anda tidak dapat menggeser progress bar atau melaukan kontrol volume. Dalam video berukuran kecil itu Anda hanya dapat menyetop atau memperbesar kembali ukurannya.

Fitur ini hanya bisa digunakan secara baik di laman Youtube, tidak bisa dilakukan di video Netflix, Facebook, atau Vimeo.

Untuk mendapatkan fitur yang sama saat menonton Netflix atau Facebook, ada alternatif ekstensi Chrome bertajuk 'Picture in Picture'. Anda dapat mengunduh ekstensi tersebut melalui tautan ini.

Baca juga: Video YouTube Lemot di Smartphone? Ini Cara Mengatasinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TheNextWeb
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com