Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Video Fujifilm X-T4 Bidik Sinematografer dan Vlogger

Kompas.com - 27/02/2020, 18:58 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fujifilm memperkenalkan X-T4 sebagai kamera mirrorless terbarunya di tahun 2020. Selain memotret, kamera ini diklaim cocok digunakan oleh para sinematografer berkat beberapa fitur unggulan yang dimilikinya.

Product Specialist Imaging Division Fujifilm Indonesia Aviccena N. Adhitama mencontohkan kemampuan color sampling 10-bit 4:2:2 (HDMI output), perekaman video slow motion di resolusi 1080p hingga 240 FPS, hingga 4K 60 FPS dengan bit rate 400 Mbps.

Baca juga: Kamera Mirrorless Fujifilm X-T4 Resmi Meluncur di Indonesia

"Sangat cocok untuk sinematografer, juga untuk vlogger karena layarnya bisa diputar ke depan untuk selfie," ujar Aviccena dalam acara peluncuran Fujifilm X-T4 di Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Layar putar dimaksud adalah LCD touch screen berukuran 3 inci di X-T4 yang kini sudah menggunakan engsel articulated (vari-angle) sehingga bisa dibuka ke arah samping dan diputar ke segala arah, termasuk menghadap ke depan.

Selain itu, Fujifilm turut menyematkan simulasi film baru di X-T4 berupa Eterna Bleach Bypass yang diklaim menghasilkan footage artistik dengan saturasi warna rendah dan kontras tinggi.

Fitur lain yang cukup menjanjikan adalan in-body image stabilizer (IBIS) 5-axis yang diklaim memiliki tingkat kompensasi hingga 6,5 stop, apabila dipasangkan dengan lensa yang memiliki optical image stabilizer (OIS).

X-T4 adalah kamera mirrorless X-Series kedua yang mendapat fitur IBIS, setelah X-H1. Unit IBIS pada X-T4 diklaim lebih ringkas dan ringan dibanding X-H1 untuk menjaga agar ukuran kamera tak terlalu besar.

Baca juga: Fujifilm Rilis Mirrorless X-T200 untuk Kreator Konten

Selain itu, seperti model-model sebelumnya, X-T4 juga didesain agar tangguh dengan weather resistance dan freeze proof hingga suhu -10 derajat celsius.

Kamera dengan sensor X-Trans 4 26,1 megapiksel dan prosesor gambar X-Processor 4 ini akan mulai dipasarkan di Indonesia pada April 2020. Harganya dipatok sebesar Rp 27 juta untuk body only dan Rp 33 juta untuk kit dengan lensa XF18 55mm F2.8-48 LM OIS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com