Tren IoT di 2020 Diprediksi Dorong Permintaan Router WiFi

Kompas.com - 14/03/2020, 14:07 WIB
Sebagian perangkat networking TP-Link untuk mendukung konsep smarthome. Oik Yusuf/ KOMPAS.comSebagian perangkat networking TP-Link untuk mendukung konsep smarthome.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

JAKARTA, KOMPAS.com - Perangkat Internet of Things ( IoT) diprediksi makin marak di tahun 2020. Bersama itu pula, kebutuhan akan perangkat router WiFi untuk menghubungkan perangkat-perangkat IoT secara nirkabel ke internet akan meningkat.

Setidaknya begitu menurut Biko Yoshia Sirus, selaku Marketing Manager TP-Link Indonesia, ketika dijumpai di sela acara "Welcome WiFi 6" yang digelar di Jakarta, Selasa (12/3/2020).

Baca juga: TP-Link Boyong Lima Router WiFi 6 ke Indonesia

"Di tahun 2020, tren mengarah ke IoT," ujar Biko kepada KompasTekno. Dia mengatakan, selain di lingkup perusahaan, di lingkungan rumah pun bakal terdapat aneka macam perangkat dengan kegunaan berbeda. 

Biko Yoshia Sirus, Marketing Manager TP-Link Indonesia, ketika dijumpai KompasTekno di sela acara Welcome WiFi 6 yang digelar di kawasan Jakarta, Selasa (10/3/2020).KOMPAS.com/Bill Clinten Biko Yoshia Sirus, Marketing Manager TP-Link Indonesia, ketika dijumpai KompasTekno di sela acara Welcome WiFi 6 yang digelar di kawasan Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Misalnya, seorang ayah bisa saja gemar menonton lewat Smart TV, sementara sang anak justru senang menyaksikan tayangan favoritnya di layar ponsel.

Kemudian, anggota keluarga lainnya, yang masih dalam satu atap, bisa saja memanfaatkan device IoT seperti IP camera (CCTV) untuk memantau keadaan rumah, dan perangkat-perangkat lain dalam sebuah smart home.

Segmen-segmen konsumen pun kini sudah berkembang hingga kebutuhannya menjadi semakin beraneka ragam dibanding sebelumnya.

Seperti konsumen rumahan yang kini juga mencakup gamer yang menuntut kinerja wireless network tinggi. TP-Link pun dalam kesempatan itu memperkenalkan beberapa jenis produk WiFi router yang cocok untuk kalangan gamer. Produk lain ditujukan bagi konsumen rumahan secara umum.

Baca juga: Wabah Virus Corona, Apa Kabar Bisnis Router TP-Link?

"Ada gamers, ada juga yang bersosial media dan ibu rumah tangga (rumahan). Nah, nantinya dari segmen-segmen itu masing-masing punya kebutuhan tersendiri," ungkap Biko.

"Tantangan sekarang adalah bagaimana caranya untuk menghadirkan sebuah solusi yang memenuhi kebutuhan di era IoT," pungkasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X