Cegah Wabah Covid-19, XL Axiata Pakai Sistem Zonasi Karyawan

Kompas.com - 16/03/2020, 16:37 WIB
XL Axiata. XL AxiataXL Axiata.

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah demi mencegah penyebaran virus COVID-19 atau corona.

Beberapa pemerintah daerah, termasuk Jakarta, juga meminta perkantoran untuk mengizinkan pegawainya bekerja dari rumah atau dengan mekanisme jarak jauh untuk mengurai kerumunan.

Merespons hal tersebut, perusahaan operator seluler XL Axiata telah membuat kebijakan internal di lingkungan karyawan. Perusahaan bernuansa biru itu tidak menerapkan kerja dari rumah, namun mambuat mekanisme zonasi.

"Saat ini karyawan masih tetap bekerja seperti biasa, namun kami menerapkan sistem pembagian zona untuk setiap karyawan," jelas Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih ketika dihubungi KompasTekno, Senin (16/3/2020).

Baca juga: XL Axiata Jual 2.700 Menara BTS Senilai Rp 4 Triliun

Ia menjelaskan sistem zonasi ini merupakan fase awal dari pola kerja jarak jauh. Karyawan akan dibagi menjadi beberapa zona dan hanya diperbolehkan berinteraksi dengan individu di dalam zonanya.

Apabila dibutuhkan koordinasi dengan rekan di luar zona, mereka harus berkomunikasi menggunakan video call.

"Pembagian zona ini kami lakukan dengan pertimbangan jika ada karyawan XL Axiata terdampak, pola zoning membuat kita memiliki kemampuan untuk mengisolir dan mengamankan karyawan-karyawan lainnya," jelas wanita yang akrab disapa Ayu itu.

Sistem kerja jarak jauh juga diterapkan Telkomsel. Operator pelat merah ini membagi konsentrasi berkumpulnya karyawan, dengan pembagian lokasi bekerja di beberapa kantor cabang.

Baca juga: Telkomsel Antisipasi Lonjakan Trafik karena Corona

Selain itu, Telkomsel juga menyediakan pelayanan kesehatan, penyemprotan disinfektan di seluruh ruang kerja, perlengkapan verifikasi, prosedur kunjungan tamu, hingga kebijakan tugas dinas karyawan.

Kasus virus corona di Indonesia kian bertambah tiap harinya. Per 16 Maret 2020, tercatat 117 kasus terkonfirmasi, 104 dalam perawatan, delapan orang dinyatakan sembuh, dan lima orang meninggal dunia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X