Google Maps Tandai Restoran yang Layani Pesan Antar Makanan

Kompas.com - 08/04/2020, 09:34 WIB
ilustrasi Google Maps searchengineland.comilustrasi Google Maps

KOMPAS.com - Wabah Covid-19 yang melanda Indonesia membuat pemerintah mengimbau masyarakat agar berdiam diri di rumah. Hal tersebut membuat ruang gerak masyarakat terbatas, termasuk untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari seperti makanan. 

Untuk memudahkan pengguna, aplikasi peta digital Google Maps merilis sebuah fitur baru. Google Maps kini bisa menampilkan informasi restoran mana saja yang memberikan layanan pesan antar (delivery). 

Pengguna dapat menjumpai fitur tersebut pada halaman muka aplikasi Google Maps di iOS maupun Android. Pengguna akan menjumpai opsi bertuliskan "Delivery" yang terletak di bawah kolom pencarian.

Cara menggunakannya pun terbilang mudah. Pengguna hanya perlu membuka aplikasi Google Maps dan memilih opsi "Delivery" tersebut.

Selanjutnya, Google Maps akan secara otomatis menampilkan daftar restoran atau rumah makan di sekitar pengguna, yang menyediakan layanan pesan antar.

Baca juga: Ulang Tahun Ke-15, Google Maps Dapat Hadiah Ikon dan Fitur Baru

Informasi tersebut ditampilkan pada halaman peta dengan tanda berupa ikon "sendok dan garpu". 

Selain itu, Google Maps juga akan menyediakan informasi berupa jarak, jam buka, alamat, nomor kontak, hingga menu yang tersedia di rumah makan tersebut.

Untuk mendapatkan layanan pemesanan dan antar, pengguna bisa menghubungi nomor yang tercantum pada kolom informasi.

Google Maps kini tandai restoran yang layani pesan antar.KOMPAS.COM/GITO YUDHA PRATOMO Google Maps kini tandai restoran yang layani pesan antar.

Selain opsi "Delivery", pengguna juga bisa memilih opsi "Takeout". Opsi ini lalu akan menampilkan lokasi rumah makan yang masih buka.

Bedanya, pengguna yang ingin memesan makanan harus datang dan mengambil sendiri pesanannya pada rumah makan tersebut.

Baca juga: Google Maps Tertipu oleh 99 Ponsel di Gerobak

Dirangkum KompasTekno dari Engadget, Selasa (7/4/2020), fitur tersebut sudah mulai digelontorkan untuk perangkat Android maupun iOS.

Google juga sudah merilis fitur baru ini di sejumlah negara. Indonesia pun menjadi salah satu negara yang kebagian fitur baru ini. 

Berdasarkan pantauan KompasTekno, fitur ini hadir setelah pengguna memperbarui aplikasi Google Maps melalui toko aplikasi.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber ENGADGET
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X