Pilot Pesawat yang Jatuh di Danau Sentani Ternyata Sarjana TI Lulusan MIT

Kompas.com - 12/05/2020, 14:20 WIB
Joyce Lin, pilot pesawat MAF yang meninggal dalam kecelakaan di Danau Sentani, Jayapura, Selasa (12/5/2020). IstimewaJoyce Lin, pilot pesawat MAF yang meninggal dalam kecelakaan di Danau Sentani, Jayapura, Selasa (12/5/2020).
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Joyce Lin, pilot pesawat Quest Kodiak 100 milik maskapai Mission Aviation Fellowship ( MAF), dilaporkan tewas dalam kecelakaan pesawat yang dipilotinya di Danau Sentani, Jayapura, Selasa (12/5/2020) pagi.

Jenazah Joyce Lin ditemukan di dalam pesawat di dasar danau pada kedalaman 13 meter.
Joyce Lin yang pada Selasa (12/5/2020) pagi itu menerbangkan pesawat dengan registrasi PK-MEC, takeoff dari Bandara Sentani, Jayapura, pukul 06.27 WIT.

Baca juga: Boeing Setop Produksi Jenis Pesawat yang Dipakai Lion Air JT610

Namun, dua menit setelah takeoff, atau sekitar pukul 06.29 WIT, pesawat tersebut dilaporkan jatuh di Danau Sentani. Pilot pesawat berhasil ditemukan pukul 08.30 WIT, setelah dilakukan pencarian dari Tim SAR bersama potensi SAR lainnya.

"Pilot bernama lengkap Joyce Chaisin Lin, 40 tahun, perempuan WN Amerika Serikat," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal.

"Pukul 08.30 WIT korban dievakuasi dalam keadaan meninggal dunia dan dilarikan ke RS Bhayangkara," ujar Kepala Kantor SAR Jayapura Zainul Thahar kepada Kompas.com.

Pesawat Quest Kodiak 100 PK-MEC milik MAF, yang jatuh di Danau Sentani, Jayapura, Selasa (12/5/2020).ilankrt1.blogspot.com Pesawat Quest Kodiak 100 PK-MEC milik MAF, yang jatuh di Danau Sentani, Jayapura, Selasa (12/5/2020).

Bupati Tolikara Usman Wanimbo mengatakan, kemungkinan besar pesawat MAF yang dipiloti Joyce Lin ini membawa buku-buku dan peralatan sekolah milik Yayasan Papua Harapan di Mamit, Kabupaten Tolikara.

Sarjana TI lulusan MIT

Menurut situs resmi MAF.org, Joyce Lin adalah seorang pilot dan spesialis Teknologi Informasi (TI) lulusan Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang ternama.

Sebagai pilot, Joyce terbang untuk membantu mengubah kehidupan orang-orang yang terisolasi dengan menyediakan penerbangan evakuasi medis untuk menyelamatkan jiwa manusia.

Baca juga: Menyoal Durian di Kecelakaan Pesawat Mandala di Medan 14 Tahun Lalu

Joyce melayani pengangkutan pasokan untuk pengembangan masyarakat, serta mengangkut misionaris, guru, dan pekerja bantuan kemanusiaan ke lokasi yang tidak dapat diakses.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X