Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Menengah Samsung Akan Dibekali Fitur "Wireless Charging"?

Kompas.com - 10/06/2020, 16:29 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teknologi wireless charging alias pengisi daya nirkabel seudah banyak dihadirkan para vendor smartphone. Tapi teknologi ini kebanyakan baru tersedia untuk produk kelas premium.

Hal tersebut agaknya bakal segera berubah, setidaknya mungkin utuk Samsung yang dikabarkan berencana membumikan wireless charging ke smartphone menengahnya, yakni seri Galaxy A.

Sebenarnya sudah ada smartphone dari seri Galaxy A yang sudah mendapatkan teknologi pengisi daya nirkabel yakni Galaxy A90.

Namun, dari segmentasinya, Galaxy A90 termasuk model menengah ke atas karena diotaki chip Snapdragon 855 yang umumnya terpasang di smartphone flagship. Harganya saat peluncuran juga di kisaran Rp 10 juta.

Baca juga: Samsung Rilis Galaxy A51 dan A71 Versi 5G

Sementara, Galaxy A segmen mid-end dan low-end seperti Galaxy A10 atau Galaxy A20, tidak dibekali teknologi pengisi daya mirkabel

Nah, menurut kabar yang beredar, mulai tahun 2021 mendatang, ponsel papan tengah Samsung akan mulai kebagian teknologi wireless charger. Rencana ini kabarnya akan dimulai pada lini penerus Galaxy A51 5G dan Galaxy A71 5G.

Meluncur akhir 2020?

Dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Rabu (10/6/2020), Samsung disinyalir berencana menerapkan wireless charging di ponsel menengah supaya lebih menarik konsumen, untuk mengimbangi turunnya permintaan produk flagship.

Selain itu, pesaing berat Samsung yakni Apple, juga menggelontorkan teknologi wireless charging ke ponsel versi "murah" besutannya, iPhone SE 2020. Dengan demikian, cukup masuk akal apabila Samsung mengambil langkah yang sama.

Ponsel Galaxy A yang dibekali fitur wireless charging kemungkinan akan hadir menjelang akhir 2020. Untuk memuluskan rencana, Samsung kabarnya akan menggandeng sejumlah pabrikan wireless charging.

Baca juga: Rupiah Menguat, Samsung Belum Mau Turunkan Harga Smartphone

Berdasar rumor yang berkembang, perusahaan Hansol Technics atau Amotech menjadi kandidat mitra Samsung di Korea Selatan. Sementara di India, Samsung kabarnya akan bekerja sama dengan Chemtronics yang juga sudah menyediakan wireless charging untuk Galaxy S20.

Kabar ini bisa jadi kabar baik bagi penggemar seri Galaxy A. Tapi perlu diingat bahwa rumor di atas belum tentu benar.

Rumor serupa sebelumnya pernah mengemuka pada 2018. Namun, hingga sekarang ponsel menengah Samsung masih belum mendukung wireless charging.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com