Rupiah Menguat, Samsung Belum Mau Turunkan Harga Smartphone

Kompas.com - 10/06/2020, 12:28 WIB
Samsung Galaxy Note 10 Lite Android AuthoritySamsung Galaxy Note 10 Lite

KOMPAS.com - Saat nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS melemah pada Maret lalu, Samsung mengonfirmasi bahwa pihaknya telah menaikkan harga sejumlah smartphone yang mereka pasarkan di Indonesia.

Hal tersebut juga dipengaruhi oleh kondisi ekonomi global yang terus terpuruk akibat pandemi Covid-19 yang mewabah di sejumlah negara. Bahkan, nilai tukar rupiah sempat menyentuh angka Rp 16.000 per 1 dolar AS pada akhir Maret lalu.

Meski demikian, nilai tukar rupiah belakangan perlahan mulai menguat, dan menurut data Bloomberg, Rabu (10/6/2020), Rupiah berada di posisi Rp 13.979 per dolar AS di pasar spot.

Lantas, apakah kondisi ini memengaruhi harga smartphone Samsung yang sebelumnya sempat disesuaikan?

Baca juga: Samsung Galaxy Note 20 dan Fold 2 Disebut Meluncur 5 Agustus

Head of IM Product Marketing Samsung Indonesia, Denny Galant mengatakan bahwa hingga saat ini Samsung belum memiliki rencana untuk menurunkan harga smartphone Samsung di Indonesia.

"Sampai saat ini kami masih akan menjual smartphone dengan harga yang telah kami sesuaikan sebelumnya," ungkap Denny ketika dihubungi KompasTekno melalui e-mail, Selasa (9/6/2020).

Denny tidak menjelaskan alasan di balik keputusan tersebut. Namun, Samsung memahami bahwa konsumen saat ini memang dihadang oleh segala keterbatasan untuk membeli smartphone secara langsung ke toko fisik.

Untuk menyiasati hal tersebut, Samsung telah menggelar program Shop From Home yang, seperti namanya, memungkinkan konsumen membeli beragam smartphone favorit langsung dari rumah.

Nantinya, barang yang sudah dipinang akan diantarkan langsung ke rumah konsumen dengan SOP dan protokol kesehatan yang dianjurkan.

Program yang digelar sejak awal diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ini bakal terus tersedia bagi para peminat perangkat Samsung hingga situasi pandemik dinyatakan telah aman.

Baca juga: 11 Rekomendasi Smartphone Harga Rp 3-5 Juta di Indonesia

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X