Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Menguat, Samsung Belum Mau Turunkan Harga Smartphone

Kompas.com - 10/06/2020, 12:28 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS melemah pada Maret lalu, Samsung mengonfirmasi bahwa pihaknya telah menaikkan harga sejumlah smartphone yang mereka pasarkan di Indonesia.

Hal tersebut juga dipengaruhi oleh kondisi ekonomi global yang terus terpuruk akibat pandemi Covid-19 yang mewabah di sejumlah negara. Bahkan, nilai tukar rupiah sempat menyentuh angka Rp 16.000 per 1 dolar AS pada akhir Maret lalu.

Meski demikian, nilai tukar rupiah belakangan perlahan mulai menguat, dan menurut data Bloomberg, Rabu (10/6/2020), Rupiah berada di posisi Rp 13.979 per dolar AS di pasar spot.

Lantas, apakah kondisi ini memengaruhi harga smartphone Samsung yang sebelumnya sempat disesuaikan?

Baca juga: Samsung Galaxy Note 20 dan Fold 2 Disebut Meluncur 5 Agustus

Head of IM Product Marketing Samsung Indonesia, Denny Galant mengatakan bahwa hingga saat ini Samsung belum memiliki rencana untuk menurunkan harga smartphone Samsung di Indonesia.

"Sampai saat ini kami masih akan menjual smartphone dengan harga yang telah kami sesuaikan sebelumnya," ungkap Denny ketika dihubungi KompasTekno melalui e-mail, Selasa (9/6/2020).

Denny tidak menjelaskan alasan di balik keputusan tersebut. Namun, Samsung memahami bahwa konsumen saat ini memang dihadang oleh segala keterbatasan untuk membeli smartphone secara langsung ke toko fisik.

Untuk menyiasati hal tersebut, Samsung telah menggelar program Shop From Home yang, seperti namanya, memungkinkan konsumen membeli beragam smartphone favorit langsung dari rumah.

Nantinya, barang yang sudah dipinang akan diantarkan langsung ke rumah konsumen dengan SOP dan protokol kesehatan yang dianjurkan.

Program yang digelar sejak awal diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ini bakal terus tersedia bagi para peminat perangkat Samsung hingga situasi pandemik dinyatakan telah aman.

Baca juga: 11 Rekomendasi Smartphone Harga Rp 3-5 Juta di Indonesia

"Program ini akan kami lanjutkan untuk tetap memberikan kenyamanan bagi konsumen selama masa pandemik belum benar-benar dinyatakan aman," pungkas Denny.

Sebagai informasi, Denny sempat memastikan penyesuaian harga perangkat Samsung yang resmi di Indonesia pada April lalu. Sejumlah ponsel yang mengalami kenaikan harga mencakup Galaxy A71, M31, S20, S20 Plus, S20 Ultra, Z Flip, dan Fold.

KompasTekno sendiri sempat merangkum daftar harga terbaru smartphone Samsung pada April dan Mei lalu.

Informasi harga tersebut diambil dari beragam sumber seperti toko online Samsung.com dan sejumlah mitra e-commerce Samsung.

Nah, untuk melihat daftar harga terbaru smartphone Samsung di Tanah Air, khususnya untuk bulan Mei, pengguna bisa mengunjungi tautan berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com