Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Vivo TWS Neo, Earphone Wireless Rp 1 Jutaan

Kompas.com - 19/07/2020, 19:25 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bersamaan dengan diluncurkannya smartphone X50 Series, Vivo juga memperkenalkan earphone terbarunya, Vivo TWS Neo. Earphone TWS ini sebelumnya telah diperkenalkan di China pada awal Juli 2020.

KompasTekno berkesempatan untuk menjajal kemampuan Vivo TWS Neo dalam melakukan panggilan telepon, mendengarkan musik, menonton video, hingga bermain game. Selengkapnya silakan simak ulasan berikut.

Desain serba mengilap

Bentuk dan tampilan Vivo TWS Neo memiliki bahasa desain yang serupa dengan Vivo TWS generasi pertama. Unit yang kami coba berwarna starry blue dan serba mengilap, baik untuk kedua init earphone maupun charging box penyimpannya.

Baca juga: Earphone Vivo TWS Neo Dijual di Indonesia Rp 1 Juta

Namun, warna yang mengilap justru membuat sidik jari dengan mudah menempel di permukaan dan membekas. Bahannya yang terbuat dari plastik membuat charging box ini tampak mudah tergores. Sehingga pengguna harus berhati-hati jika memasukkan perangkat ini ke dalam saku.

Pada bagian tengah charging box, terdapat sebuah lampu indikator dan sebuah tombol fisik untuk menyambungkan earphone ke ponsel via bluetooth. Tombol ini juga bisa melakukan "reset" untuk mengembalikan semua setting perangkat ke setelan awal.

Baterai Vivo TWS Neo bisa tahan hingga 5 jam tanpa charging case. KOMPAS.com/YUDHA PRATOMO Baterai Vivo TWS Neo bisa tahan hingga 5 jam tanpa charging case.

Lampu yang terdapat di atas tombol berfungsi sebagai indikator baterai. Apabila lampu tersebut menyala oranye, artinya baterai pada charging box sudah di bawah 50 persen. Jika hijau, baterai masih di atas 50 persen.

Unit earphone memiliki permukaan yang agak licin sehingga rentan tergeser, terutama apabila pengguna bergerak -misalnya saat berolahraga- sehingga mempengaruhi keluaran suara.

Kendali dengan sentuhan

Vivo TWS Neo dibekali dengan touch control yang terbilang lengkap di bagian earphone.  Untuk menerima dan menutup panggilan telepon, pengguna cukup mengetuk dua kali di area kontrol sentuh.

Sementara jika ingin menolak panggilan yang masuk, cukup tahan area sentuh selama sekitar 1,5 detik. Volume panggilan juga bisa diatur dengan mengusap area kontrol ke atas atau ke bawah.

ilustrasi TWSKOMPAS.com/YUDHA PRATOMO ilustrasi TWS

Fungsi ketuk dua kali juga bisa digunakan untuk mengontrol saat mendengarkan lagu. Secara default, ketukan dua kali berfungsi untuk play atau pause lagu yang tengah didengarkan.

Performa

Dari segi spesifikasi, Vivo TWS Neo dibekali dengan chip Qualcomm QCC3046 untuk perangkat audio nirkabel berbasis bluetooth. Ini merupakan chip generasi keempat yang didesain khusus untuk perangkat TWS.

Vivo TWS Neo juga mendukung Bluetooth 5.2, Qualcomm TrueWireless Mirroring, dan teknologi aptX Adaptive. Saat diperkenalkan pada awal Juni lalu, perangkat ini diklaim memiliki latensi yang lebih rendah.

Baca juga: Vivo X50 dan X50 Pro Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com