Tips Memanfaatkan Tablet supaya Anak Senang Belajar dari Rumah

Kompas.com - 24/07/2020, 17:31 WIB
Samsung Galaxy Tab S6 Lite androidcentral.comSamsung Galaxy Tab S6 Lite
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 di berbagai negara membuat kegiatan belajar mengajar di sekolah dihentikan. Anak-anak pun diminta untuk belajar dari rumah, tak terkecuali di Indonesia.

Kegiatan belajar mengajar dari rumah mungkin terasa menyenangkan dalam satu atau dua hari. Namun, jika berlangsung terlalu lama, rutinitas itu bisa menjadi membosankan. Orangtua pun dituntut mencari cara agar anak betah belajar dari rumah.

Baca juga: Galaxy Tab S6 Lite Resmi di Indonesia, Harga Rp 7 Juta Termasuk S Pen

Nah, gadget jenis tablet seperti seri Galaxy Tab dari Samsung bisa dimanfaatkan untuk membuat suasana belajar jadi lebih menyenangkan untuk anak. Berikut ini 4 tips untuk mewujudkannya.

Buat jadwal kegiatan

Meski tidak hadir di ruang kelas, setiap sekolah telah memiliki jadwal pelajaran untuk anak-anak secara online. Terkait hal ini, ayah dan bunda bisa memanfaatkan aplikasi Samsung Notes untuk mencatat dan menyimpan jadwal kegiatan anak-anak.

Jika menggunakan S Pen, fitur handwriting to text dapat mengubah tulisan tangan menjadi teks dan jadwal belajar anak akan tersusun rapi.

Jangan lupa untuk melibatkan anak ketika membuat jadwal. Dengarkan masukan serta keinginan mereka untuk mengisi harinya dengan hiburan, selain mengikuti jadwal pelajaran yang ditentukan sekolah, sehingga jadwal tersebut menjadi kesepakatan bersama.

Manfaatkan aplikasi belajar

Belajar dengan beberapa aplikasi belajar online akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi anak-anak.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyiapkan untuk anak sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah umum (SMU), aplikasi belajar online gratis, yaitu Rumah Belajar di laman belajar.kemdikbud.go.id.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X