Meriahkan HUT Ke-75 RI, Instagram Luncurkan Stiker #MerahPutihChallenge

Kompas.com - 15/08/2020, 10:11 WIB
Tokoh publik yang ikut memeriahkan #MerahPutihChallenge di Instagram. IntagramTokoh publik yang ikut memeriahkan #MerahPutihChallenge di Instagram.

KOMPAS.com - Perayaan hari ulang tahun ke-75 Republik Indonesia tahun ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelamnya. Pasalnya, peringatan hari kemerdekaan berlangsung di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga usai.

Kendati demikian, kemeriahan perayaan HUT ke-75 RI tahun ini tetap ada. Hanya saja, semarak itu hadir di dunia maya, salah satunya melalui stiker #MerahPutihChallenge yang diluncurkan Instagram.

Untuk pertama kalinya, Instagram meluncurkan stiker #challenge (tantangan) yang secara khusus menggunakan bahasa Indonesia.

"Melalui peluncuran stiker #MerahPutihChallenge, Instagram ingin membantu masyarakat Indonesia agar tetap dapat merayakan salah satu hari bersejarah bagi bangsa Indonesia dengan cara yang ekspresif dan menyenangkan," jelas Putri Silalahi, Manajer Komunikasi Instagram Asia Pasifik, melalui keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Sabtu (15/8/2020).

Sesuai namanya, #MerahPutihChalllenge merupakan tantangan yang disebar secara online melalui fitur Instagram Stories dan Feed.

Pengguna yang disebut (mention) ditantang untuk mengunggah foto diri mereka menggunakan pakaian bernuansa merah dan putih.

Mereka juga harus menyertakan harapan mereka untuk Indonesia di dalam caption atau keterangan foto. Bagaimana caranya?

Baca juga: Tayangan Instagram Live Kini Bisa Ditonton dari PC

Apabila foto dan caption sudah disiapkan, buka Instagram Stories. Kemudian, unggah atau ambil foto bernuansa merah dan putih. Pengguna juga bisa membagikan foto bernuansa merah dan putih yang telah diunggah ke Feed untuk dibagikan ke Stories.

Setelah foto terpasang, ketuk ikon smiley berbentuk kotak di bagian pojok kiri atas Story. Kemudian, tulis ke bawah dan temukan stiker #challenge.

Stiker #MerahPutihChallengeInstagram Stiker #MerahPutihChallenge

Ketuk stiker tersebut dan ketik #MerahPutihChallenge, jangan lupa mention teman-teman yang ingin ditantang. Apabila menerima tantangan, teman yang di-mention harus mengunggah foto yang sama dengan langkah-langkah seperti di atas.

Baca juga: Instagram Reels Resmi Meluncur di 50 Negara, Siap Saingi TikTok

Putri juga mengatakan, Instagram mengajak beberapa tokoh publik ternama, seperti Marcel Chandrawinata (@marcelchandra), Prilly Latuconsina (@prillylatuconsina96), Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (@raffinagita1717), Randy Martin (@randymartinnn), dan Ricky Cuaca (@rickycuaca) untuk ikut memeriahkan #MerahPutihChallenge.

"Melalui upaya berkelanjutan yang kami lakukan ini, kami berkomitmen untuk terus menjadikan Instagram sebagai tempat yang aman dan nyaman bagi masyarakat Indonesia untuk mengekspresikan diri, merayakan momen penting, serta membagikan cerita mereka," pungkas Putri.

Selamat mencoba....



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X