Peramban Chrome di Android Bakal Lebih Hemat Baterai

Kompas.com - 02/09/2020, 19:07 WIB
ilustrasi Google Chrome forbes.comilustrasi Google Chrome

KOMPAS.com - Google terus berusaha membuat peramban Chrome di Android supaya tidak memboroskan baterai perangkat. Salah satu upaya terbarunya adalah menerapkan fitur " Tab Throttling" yang sedang sedang diuji di kanal Chrome beta

Seperti namanya, Tab Throttling secara otomatis akan menon-aktifkan tab browser yang terbuka, tapi lama tak ditengok oleh pengguna. Dengan demikian, sumberdaya perangkat seperti memori pun jadi tidak tersita. Ujung-ujungnya, pemakaian baterai bisa lebih hemat.

Baca juga: Microsoft Sediakan Obat untuk Chrome yang Rakus Memori di Windows 10

"Kami melihat peningkatan di kecepatan loading, sekaligus penghematan baterai dan memori," ujar Max Christoff, Engineering Director Chrome, dalam sebuah posting blog berisi penjelasan untuk fitur terkait.

Fitur Tab Throttling untuk sementara baru tersedia di Chrome beta untuk Android dan Chromebook, tapi juga dijanjikan akan datang ke platform lain. Tab Throttling bakal dihadirkan pada Chrome versi 86, menyusul versi 85 yang dirilis pekan lalu. 

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Radar, Rabu (2/9/2020), fitur baru lain yang juga menarik untuk pengguna Android adalah kemampuan berbagi tautan dalam bentuk QR Code, juga berpindah ke tab yang sedang aktif dengan mencarinya di kolom alamat URL.

Google turut bereksperimen dengan fitur Autocomplete di kolom alamat Chrome. Ketimbang hanya menyelesaikan pengetikan URL situs yang sudah pernah dikunjungi, Autocomplete bakal bisa langsung menuju ke laman spesifik dari situs yang bersangkutan.

Baca juga: Google Dituntut Rp 70 Triliun gara-gara Mode Incognito di Chrome

Sebelumnya, di Chrome versi 85 keluaran minggu lalu, Google menerapkan serangkaian pembaruan yang antara lain meningkatkan kecepatan loading laman sebesar 10 persen, kemudian pengguna juga bisa menutup semua kelompok tab dalam sekali klik.



Sumber Tech Radar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X