PS5 Disebut Tak Bisa Jalankan Game PS3 hingga PS1

Kompas.com - 01/09/2020, 14:15 WIB
PlayStation 5 (PS5). Blog Sony PlayStationPlayStation 5 (PS5).

KOMPAS.com - Salah satu fitur yang marak dikabarkan bakal hadir di PlayStation 5 ( PS5) adalah backwards compatibility sehingga perangkat tersebut bisa pula menjalankan game dari konsol-konsol sebelumnya, selain game PS5 sendiri.

Belakangan muncul informasi bahwa backwards compatibility hanya berlaku buat game PS4 aja, sementara game dari konsol sebelumnya, PS3 hingga PS1, tidak akan bisa dijalankan di PS5.

Baca juga: Sony Buka Pemesanan PS5, Indonesia Bisa Pesan dengan Syarat

Hal tersebut dikemukakan oleh Ubisoft, salah satu developer game ternama, dalam sebuah bagian tanya jawab di situsnya.  "Backwards compatibility akan tersedia untuk game PlayStation 4, namun tidak pada PlayStation 3, PlayStation 2, PlayStation (1)," tulis Ubisoft.

Laman tanya jawab itu  kini telah diperbarui dengan menghapus bagian backwards compatibility sehingga tidak disebut sama sekali. Namun, tangkapan layarnya sudah kadung beredar di dunia maya.

Dari pihak Sony selaku pembuat PS5, konsol tersebut memang sudah dipastikan akan bisa menjalankan game PS4, tapi tidak semuanya.

Baca juga: Harga PS5 Bocor Lagi, Termurah Rp 5,8 Juta?

Lead System Architect of PlayStation 5, Mark Cerny mengatakan bahwa untuk sementara, hanya sebagian besar dari 100 judul game PS4 teratas saja yang dapat dimainkan pada PS5. Cerny masih belum mengungkap nama-nama game yang bersangkutan.
 
Dirangkum KompasTekno dari GameRant, Selasa (1/9/2020), fitur backward compatibility tak hanya akan dimiliki pada PS5 saja, melainkan juga bakal hadir pada konsol baru Microsoft, yakni Xbox Series X.

Kabarnya Xbox Series X dapat mendukung semua game Xbox lawas termasuk konsol Xbox, Xbox 360, hingga Xbox One.

Sony dan Microsoft masih belum membeberkan tanggal peluncuran dari konsol PS5 dan Xbox Series X. Keduanya diduga bakal meluncurkan konsol anyar ini pada momen "Holiday 2020" atau sekitar akhir tahun 2020.



Sumber Gamerant
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X