Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat "Superjumbo" Airbus A380 Terakhir Telah Keluar dari Pabrik

Kompas.com - 25/09/2020, 10:14 WIB
Reska K. Nistanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Airbus telah selesai merakit pesawat "Superjumbo "A380 pesanan terakhir. Artinya, pabrikan pesawat Perancis itu tak lagi memproduksi pesawat jenis ini mulai sekarang.

Airbus A380 terakhir keluar dari perakitan Station 40 di pabrik Airbus di Toulouse, Perancis, pada Rabu (23/9/2020) dengan mengusung nomor manufaktur (MSN) 272.

Pesawat ini kemudian akan menjalani sejumlah pengujian dan penyesuaian akhir, sebelum dikirim ke penggunanya, yaitu maskapai Emirates pada 2021.

Baca juga: Pesawat Hidrogen Airbus Ditargetkan Mengangkasa pada 2035

Para pekerja Airbus yang selama ini merakit pesawat jenis A380, baik yang baru maupun yang sudah pensiun, turut hadir menyaksikan momen bersejarah tersebut.

Pesawat A380 terakhir ini selesai dirakit 15 tahun setelah A380 pertama melakukan penerbangan perdana.

Airbus sendiri sudah mencanangkan target penghentian produksi pesawat A380 yang memiliki badan lebar dan dua tingkat pada 2021 mendatang, setelah tidak lagi menerima pesanan baru untuk tipe pesawat ini.

"Airbus sudah tidak memiliki basis untuk mempertahankan produksi, meski kami telah melakukan berbagai upaya penjualan ke berbagai maskapai," kata CEO Airbus, Tom Enders Februari 2019 lalu.

Dihimpun KompasTekno dari Simple Flying, Kamis (24/9/2020), kini Airbus masih memiliki sisa sembilan pesawat A380 yang masih harus dikirim. Delapan di antaranya adalah untuk Emirates, dan satu sisanya untuk maskapai Jepang, ANA.

Baca juga: Airbus Bikin Pesawat yang Bisa Autopilot di Darat dan Udara

Kedua maskapai juga nampaknya bakal menunda pengiriman pesawat, mengingat situasi industri penerbangan saat ini yang terdampak pandemi Covid-19.

Sejumlah maskapai operator A380 di dunia juga mulai memensiunkan dan mengurangi penggunaan pesawat jenis ini, seperti Singapore Airlines, Qantas, dan British Airways.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com