Pesawat "Superjumbo" Airbus A380 Terakhir Telah Keluar dari Pabrik

Kompas.com - 25/09/2020, 10:14 WIB
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Airbus telah selesai merakit pesawat "Superjumbo "A380 pesanan terakhir. Artinya, pabrikan pesawat Perancis itu tak lagi memproduksi pesawat jenis ini mulai sekarang.

Airbus A380 terakhir keluar dari perakitan Station 40 di pabrik Airbus di Toulouse, Perancis, pada Rabu (23/9/2020) dengan mengusung nomor manufaktur (MSN) 272.

Pesawat ini kemudian akan menjalani sejumlah pengujian dan penyesuaian akhir, sebelum dikirim ke penggunanya, yaitu maskapai Emirates pada 2021.

Baca juga: Pesawat Hidrogen Airbus Ditargetkan Mengangkasa pada 2035

Para pekerja Airbus yang selama ini merakit pesawat jenis A380, baik yang baru maupun yang sudah pensiun, turut hadir menyaksikan momen bersejarah tersebut.

Pesawat A380 terakhir ini selesai dirakit 15 tahun setelah A380 pertama melakukan penerbangan perdana.

Airbus sendiri sudah mencanangkan target penghentian produksi pesawat A380 yang memiliki badan lebar dan dua tingkat pada 2021 mendatang, setelah tidak lagi menerima pesanan baru untuk tipe pesawat ini.

"Airbus sudah tidak memiliki basis untuk mempertahankan produksi, meski kami telah melakukan berbagai upaya penjualan ke berbagai maskapai," kata CEO Airbus, Tom Enders Februari 2019 lalu.

Dihimpun KompasTekno dari Simple Flying, Kamis (24/9/2020), kini Airbus masih memiliki sisa sembilan pesawat A380 yang masih harus dikirim. Delapan di antaranya adalah untuk Emirates, dan satu sisanya untuk maskapai Jepang, ANA.

Baca juga: Airbus Bikin Pesawat yang Bisa Autopilot di Darat dan Udara

Kedua maskapai juga nampaknya bakal menunda pengiriman pesawat, mengingat situasi industri penerbangan saat ini yang terdampak pandemi Covid-19.

Sejumlah maskapai operator A380 di dunia juga mulai memensiunkan dan mengurangi penggunaan pesawat jenis ini, seperti Singapore Airlines, Qantas, dan British Airways.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.