Lewat Twitter, Bos Apple Kenang Steve Jobs yang Wafat 9 Tahun Lalu

Kompas.com - 06/10/2020, 08:01 WIB
Steve Jobs pendiri Apple. SHUTTERSTOCKSteve Jobs pendiri Apple.

KOMPAS.com - CEO Apple, Tim Cook mengunggah twit untuk mengenang mendiang Steve Jobs yang wafat 5 Oktober 2011 lalu.

Cook mengutip kata-kata aktivis HAM dan penyair Maya Angelou yang dalam bahasa Indonesia kira-kira berbunyi "Jiwa yang agung tak pernah mati. Dia menyatukan kita lagi dan lagi".

"Anda akan selalu bersama kami, Steve, kenangan Anda tertaut dan menginspirasi kami setap hari," imbuh Cook di belakang kutipan tadi.

Baca juga: CEO Apple Dapat Hadiah Saham Rp 564 Miliar

Steve Jobs, yang mendirikan Apple bersama rekannya Steve Wozniak, meninggal dunia sembilan tahun lalu akibat kanker pankreas yang dideritanya sejak tahun 2003.

Jobs dan Wozniak mendirikan Apple tahun 1976. Kala itu, mereka mengembangkan komputer Apple I. Di tahun pertama, Apple I hanya terjual sekitar 200 unit.

Penjualan komputer Apple II pun tidak lebih baik dari yang pertama. Sebab, saat itu, komputer Apple harus bersaing dengan komputer lain dari perusahaan besar seperti Commodore PET dan Tandy TRS-80.

Hingga tahun 1977, Apple hanya menjual 600 komputer. Pada tahun 1984, Apple meluncurkan komputer pribadi pertama bernama Macintosh dengan antarmuka grafis (GUI).
Macintosh menjadi salah satu titik revolusioner Apple dan komputer pribadi secara umum.

Macintosh pun sukses di pasaran, namun justru membuat Jobs dan CEO Apple kala itu, John Sculley berselisih. Sculley ingin Apple fokus untuk mengembangkan Apple II, di sisi lain, Jobs ingin lebih agresif memasarkan Machintos.

Perselisihan ini kemudian membuat Jobs mundur dari Apple pada tahun 1985 dan mendirikan perusahaan komputer baru bernama NeXT.

Jobs kemudian kembali ke Apple tahun 1996 ketika perusahaan berlogo buah apel itu mengakuisisi NeXT dan NexXSTEP OS yang akan menjadi basis untuk Mac OS X.

Baca juga: Cerita Bos Xiaomi Indonesia Alvin Tse, Ubah Cita-cita Setelah Berjumpa Steve Jobs

Kembalinya Jobs membuat Apple yang sempat kehilangan pamor kembali sukses dengan peluncuran iPod I. Kesuksesan iPod berlanjut dengan beberapa produk-produk lainnya termasuk iPhone, Mac, dan MacBook.

Kini, Apple semakin banyak mengembangkan produk lain, termasuk wearable device seperti smartwatch, airpod, dan masih banyak lagi.

Jobs menngundurkan diri dari Apple tahun 2011 dan menyerahkan jabatannya sebagai CEO Apple kepada Tim Cook. Sekitar enam bulan setelah mundur, Jobs dikabarkan meninggal dunia.

Dirangkum KompasTekno dari 9to5Mac, Selasa (6/10/2020), Apple membuka microsite khusus untuk mengenang almarhum Steve Jobs tiap tahunnya. Jutaan orang telah mengirim unggahan di microsite tersebut.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X