Kompas.com - 09/10/2020, 06:59 WIB
Ilustrasi logo Apple di depan Apple Store Beijing KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi logo Apple di depan Apple Store Beijing
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Para pabrikan Android semakin banyak menelurkan perangkat ponsel lipat. Apple pun agaknya tak mau ketinggalan. Pabrikan iPhone tersebut belakangan diketahui mengajukan paten untuk smartphone dengan layar lipat.

Dalam paten yang diajukan bulan Januari 2020 ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO) itu, disebutkan bahwa perangkat rancangan Apple memiliki teknologi layar yang bisa "sembuh sendiri" alias "self-healing" apabila tergores atau terbentur.

Baca juga: 13 Oktober, Apple Gelar Acara Peluncuran iPhone 12

Proses self-healing tersebut bisa aktif dengan sendirinya tanpa campur tangan pengguna, misalnya ketika ponsel sedang diisi baterainya pada malam hari. Rahasianya terletak pada lapisan khusus yang melindungi bagian terluar dari layar.

"Saat lapisan self-healing ini tergores, materialnya bisa mengisi goresan," sebut Apple dalam paten. "Proses penyembuhan ini bisa dipercepat dengan memakai panas, cahaya, arus listrik, atau stimulus eksternal lainnya," imbuh Apple.

Paten ponsel lipat iPhonegizmochina.com Paten ponsel lipat iPhone

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (8/10/2020), konsep layar yang bisa sembuh sendiri sebenarnya tidak benar-benar baru.

Pada 2013, smartphone LG G Flex sudah menerapkan teknologi semacam ini, tapi di bagian cover belakang. Punggung LG G Flex ketika itu bisa self-healing apabila mengalami kerusakan minor, seperti goresan.

Baca juga: Desainer Raup Rp 1,5 Miliar dalam Sepekan dari Jualan Ikon iPhone

Meski menarik, konsep layar yang bisa sembuh sendiri dari Apple ini masih berupa paten. Belum diketahui apakah perangkatnya akan benar-benar diwujudkan atau tidak. Yang jelas, sejauh ini Apple belum menunjukkan tanda-tanda akan ikut tren ponsel lipat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.