Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Siapkan Ponsel Lipat yang Bisa Sembuh Sendiri

Kompas.com - 09/10/2020, 06:59 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Para pabrikan Android semakin banyak menelurkan perangkat ponsel lipat. Apple pun agaknya tak mau ketinggalan. Pabrikan iPhone tersebut belakangan diketahui mengajukan paten untuk smartphone dengan layar lipat.

Dalam paten yang diajukan bulan Januari 2020 ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO) itu, disebutkan bahwa perangkat rancangan Apple memiliki teknologi layar yang bisa "sembuh sendiri" alias "self-healing" apabila tergores atau terbentur.

Baca juga: 13 Oktober, Apple Gelar Acara Peluncuran iPhone 12

Proses self-healing tersebut bisa aktif dengan sendirinya tanpa campur tangan pengguna, misalnya ketika ponsel sedang diisi baterainya pada malam hari. Rahasianya terletak pada lapisan khusus yang melindungi bagian terluar dari layar.

"Saat lapisan self-healing ini tergores, materialnya bisa mengisi goresan," sebut Apple dalam paten. "Proses penyembuhan ini bisa dipercepat dengan memakai panas, cahaya, arus listrik, atau stimulus eksternal lainnya," imbuh Apple.

Paten ponsel lipat iPhonegizmochina.com Paten ponsel lipat iPhone

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (8/10/2020), konsep layar yang bisa sembuh sendiri sebenarnya tidak benar-benar baru.

Pada 2013, smartphone LG G Flex sudah menerapkan teknologi semacam ini, tapi di bagian cover belakang. Punggung LG G Flex ketika itu bisa self-healing apabila mengalami kerusakan minor, seperti goresan.

Baca juga: Desainer Raup Rp 1,5 Miliar dalam Sepekan dari Jualan Ikon iPhone

Meski menarik, konsep layar yang bisa sembuh sendiri dari Apple ini masih berupa paten. Belum diketahui apakah perangkatnya akan benar-benar diwujudkan atau tidak. Yang jelas, sejauh ini Apple belum menunjukkan tanda-tanda akan ikut tren ponsel lipat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com