Google Play Music Mulai Disetop, Pengguna Tidak Bisa Unduh Lagu

Kompas.com - 13/10/2020, 10:28 WIB
ilustrasi Google Play Music ZDNet.comilustrasi Google Play Music
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pada Agustus lalu, Google mengungkap rencana untuk menyetop layanan Google Play Music. Secara perlahan, Google mulai merealisasikan rencana tersebut.

Pengguna layanan Google Play Music global kini sudah tidak bisa mengunduh file musik dari toko Google Play Music.

Pantauan KompasTekno, Selasa (13/10/2020), aplikasi Google Play Music juga sudah tidak bisa dipakai untuk mencari judul lagu yang dikehendaki. 

Pada saat pertama kali membuka aplikasi tersebut, pengguna juga bakal disodori dengan pengumuman bahwa layanan Google Play Music bakal disetop.

Mereka pun dianjurkan untuk memindahkan data, sekaligus beralih ke aplikasi YouTube Music yang sudah tersedia sejak November tahun lalu, sebagaimana ilustrasi gambar berikut.

Ilustrasi layanan Google Play Music yang tidak bisa dipakai untuk mencari lagu.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi layanan Google Play Music yang tidak bisa dipakai untuk mencari lagu.

Bisa dilihat pula pada gambar di atas, ketika dipakai untuk mencari lagu, hasil pencarian hanya menampilkan halaman "No result found", artinya aplikasi tersebut sudah tidak bisa dipakai untuk mencari lagu favorit.

Baca juga: Demi YouTube Music, Layanan Google Play Music Dipensiunkan

Meski demikian, file musik yang tersimpan di memori, baik itu internal maupun eksternal, masih bisa dibaca dan dimainkan.

Selain layanannya tidak bisa dipakai, menu "Open Music app" di aplikasi Google Play Store juga kini hilang dan tidak bisa diakses.

Sebelumnya, menu tersebut tercantum di bawah dua menu hiburan lainnya, yakni "Open Movies & TV app" dan "Open Books app". 

Menu "Browse music" juga ikut dihilangkan oleh Google, sebagaimana ilustrasi gambar berikut.

Google Play Music yang tidak tersedia lagi di menu Google Play Store.9to5Google Google Play Music yang tidak tersedia lagi di menu Google Play Store.

Halaman:


Sumber 9To5Google
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X