Cara Print Dokumen Bolak-balik di Microsoft Word

Kompas.com - 13/10/2020, 20:12 WIB
Ilustrasi Microsoft Word cnet.comIlustrasi Microsoft Word

KOMPAS.com - Mencetak dokumen dengan cara bolak balik di kedua sisi kertas (duplex) layaknya buku, memiliki keuntungan tersendiri. Dengan cara tersebut pengguna bisa menghemat kertas yang digunakan untuk mencetak.

Untuk mencetak dokumen secara bolak-balik, ada beberapa cara yang bisa dilakukan baik secara manual maupun otomatis.

Cara manual dilakukan jika printer yang digunakan memang belum mendukung percetakan duplex. Jika printer sudah mendukung pencetakan duplex, maka prosesnya lebih mudah.

Dokumen yang dicetak pun bisa berbagai macam format. Bisa berupa PDF, Excel, atau Word. Khusus untuk dokumen dalam bentuk PDF, untuk mencetak secara bolak-balik biasanya membutuhkan software khusus dan caranya berbeda-beda setiap printer.

Sementara mencetak bolak-balik dalam format Microsoft Word, caranya lebih mudah.   

Sebelum mulai mencetak, ada baiknya pengguna memeriksa terlebih dahulu apakah printer yang digunakan sudah mendukung pencetakan bolak-balik otomatis atau tidak.

Baca juga: Microsoft Word Bisa Ubah Rekaman Suara Jadi Tulisan

Caranya mudah, pengguna cukup memilih opsi "File" pada dokumen yang akan dicetak. Kemudian pilih " Print". Di opsi "setting", pilih " print one sided". 

Nah, terdapat pilihan "Print both sided", tandanya printer Anda sudah mendukung pencetakan bolak-balik secara otomatis. Melalui menu tersebut pengguna bisa langsung mencetak dokumen yang dikehendaki.

Lantas bagaimana caranya jika printer yang digunakan belum memiliki kemampuan tersebut? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Cara mencetak bolak-balik manual

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Microsoft
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X