Microsoft Word Bisa Ubah Rekaman Suara Jadi Tulisan

Kompas.com - 28/08/2020, 11:55 WIB
Ilustrasi Microsoft Word cnet.comIlustrasi Microsoft Word

KOMPAS.com -  Microsoft menambahkan fitur baru pada layanan Office miliknya, Microsoft Word. Dengan fitur baru ini, pengguna bisa mengubah audio atau suara menjadi teks.

Fungsi ini mirip dengan Live Transcribe yang dimiliki Google. Pengguna cukup berbicara melalui mikrofon perangkat, dan Word akan mengubahnya menjadi teks. 

Namun bedanya, fitur baru pada Microsoft Word ini juga bisa mengubah file audio atau rekaman menjadi tulisan.

Pengguna cukup mengunggah file rekaman suara yang dikehendaki dan secara otomatis pembicaraan yang ada dalam rekaman tersebut akan diubah menjadi teks.

Uniknya, kecerdasan buatan (AI) yang digunakan Microsoft juga bisa membedakan antara satu pembicara dengan pembicara lain yang ada di dalam rekaman tersebut. Sehingga hasil transkrip yang dihasilkan akan sesuai dengan siapa saja yang berbicara.

Baca juga: Word, Excel, PowerPoint untuk Android Kini Jadi Satu Aplikasi

Fitur ini mendukung kapasitas file hingga 200 MB dan beberapa jenis format audio seperti MP3, WAV, M4A, atau MP4.

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengubah hasil rekaman rapat, wawancara, panggilan suara dan video, rekaman materi belajar, atau bahkan video YouTube dengan lebih cepat.

Fitur ini baru tersedia bagi pengguna yang berlangganan layanan Microsoft 365 dan bisa digunakan pada Microsoft Word versi online (web).

Microsoft juga membatasi durasi ukuran file audio yang dapat diunggah, yaitu hanya lima jam untuk periode satu bulan.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (28/8/2020) fitur baru ini masih terbatas untuk mengubah audio atau suara dari Bahasa Inggris. Kedepannya, Microsoft berencana akan menambah berbagai macam bahasa lainnya.

Baca juga: Google Rilis Aplikasi Pengubah Suara Jadi Tulisan untuk Penyandang Tunarungu

Kendati demikian tidak disebutkan kapan dukungan untuk bahasa lain ini akan digelontorkan. Selain itu, Microsoft juga akan membawa fitur ini ke aplikasi Word di Android dan iOS setidaknya akhir tahun ini.



Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X