Cara Menggunakan Fitur Screen Recorder di Android 11

Kompas.com - 14/10/2020, 19:45 WIB
ilustrasi Android 11 The Vergeilustrasi Android 11

KOMPAS.com - Pada awal September lalu, Google meluncurkan sistem operasi terbarunya, Android 11 versi akhir atau final. Sistem operasi ini membawa sejumlah fitur baru yang tidak ada di Android 10.

Salah satu fitur barunya adalah Screen Recorder atau perekam layar. Fitur yang satu ini sebenarnya tidak benar-benar baru karena sudah banyak diimplementasikan oleh para vendor Android di perangkat masing-masing.

Namun, Android 11 adalah OS Android murni yang pertama kali menyertakan fitur ini sebagai bawaan sistem. Cara kerjanya mirip seperti yang ada di perangkat iOS.

Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur Screen Recording pada Android 11? Berikut adalah langkah-langkah menggunakan fitur screen recorder di Android 11 sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Central, Rabu (14/10/2020).

Baca juga: Inilah 15 Fitur Baru yang Hadir di Android 11

Pertama, untuk mengaksesnya, Anda cukup mengusap layar bagian atas ke bawah untuk membuka opsi "Quick Settings".

Setelah itu, gulirkan ke kanan pada bagian quick setting scroll ke bawah hingga menemukan ikon "Screen Record".

Cara merekam layar di Android 11androidcentral.com Cara merekam layar di Android 11
Pengguna bisa memilih ikon pensil di bagian kiri bawah untuk membuka menu perekaman yang tersedia. Di sana, pengguna bisa mengatur sumber suara yang ingin direkam yakni dari mikrofon, audio perangkat, atau keduanya.

Cara merekam layar di Android 11androidcentral.com Cara merekam layar di Android 11
Untuk mulai merekam, pengguna cukup menekan tombol "start". Jika selesai, cukup sentuh opsi "Tap to stop" dan proses perekaman akan dihentika
Cara merekam layar di Android 11androidcentral.com Cara merekam layar di Android 11
Hasil rekaman akan tersimpan dan dapat dilihat di galeri ponsel. Caranya, cukup masuk ke Google Photos, kemudian pilih menu "library" dan pilih "movies".

Selain screen recorder, Android 11 juga memiliki serangkaian fitur baru. Seperti Bubbbles yang memungkinkan pengguna dapat membuka beberapa percakapan sekaligus, dengan akses yang mudah.

Ada pula media control, notifikasi percakapan, hingga memperketat izin akses lokasi untuk aplikasi yang berjalan di background. Untuk saat ini, Android 11 baru tersedia untuk sejumah perangkat.

Baca juga: Daftar Ponsel yang Kebagian Android 11 Mulai Hari Ini




25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X