Cara Apple Bikin Baterai iPhone 12 Lebih Irit Meski Mendukung 5G

Kompas.com - 15/10/2020, 09:09 WIB
iPhone 12. AppleiPhone 12.
Penulis Bill Clinten
|

 

KOMPAS.com - Meski jaringan 5G memberikan kecepatan internet yang lebih kencang dari 4G, ada konsekuensi yang harus diterima. Penggunaan jaringan 5G bisa membuat baterai lebih cepat habis.

Hal tersebut juga terbukti dalam riset yang dilakukan media teknologi Cnet. Dari uji coba yang dilakukan, penggunaan jaringan 5G memang membuat baterai lebih cepat terkuras.

Jajaran iPhone 12 yang diluncurkan pada Rabu, (14/10/2020), juga mendukung kemampuan jaringan generasi kelima ini. Apple pun punya cara untuk "mengakali" agar jaringan 5G ini tidak menguras baterai iPhone 12.

Apple membenamkan fitur bernama Smart Data Mode di iPhone 12. Ini adalah sebuah fitur "cerdas" yang berfungsi untuk menyesuaikan jaringan yang dipakai (4G/5G) sesuai dengan kebutuhan.

"Kami membuat 5G di iPhone 12 menjadi lebih pintar dengan Smart Data Mode," kata VP Wireless Technologies and Ecosystems Apple, Arun Mathias.

Baca juga: Selain iPhone 12, Tiga iPhone Ini Dijual Tanpa Charger dan Earphone

Arun memberi contoh ketika pengguna iPhone 12 berada dalam lingkungan yang tercakup jaringan 5G.

Ketika pengguna tersebut hanya membuka media sosial atau melakukan hal ringan yang tidak memakan bandwith, maka jaringan akan secara otomatis dialihkan ke 4G.

Namun, ketika pengguna menonton film streaming berkualitas tinggi, atau memainkan game dengan metode cloud, maka jaringan 5G akan aktif dengan sendirinya.

"Ketika ponsel tidak membutuhkan bandwidth secepat 5G, makan koneksi akan dialihkan secara otomatis ke jaringan 4G untuk menghemat baterai," imbuh Arun.

Selain Smart Data Mode, Apple juga mengoptimasi sistem iOS secara hardware dan software, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (15/10/2020).

Sehingga, beragam aplikasi yang terpasang di iPhone 12 bisa memanfaatkan internet cepat yang ditawarkan teknologi 5G tanpa menguras daya perangkat.

Baca juga: Mesin CEIR Penuh, iPhone 12 Diprediksi Masuk Indonesia 2021

"Kami mengintegrasikan seluruh sistem, mulai dari chipset ke software, untuk memanfaatkan jaringan 5G tanpa memakan daya, seperti mengoptimasi sistem iOS frameworks untuk beragam aplikasi iOS," kata Arun.

Kendati demikian Apple tidak menjelaskan berapa persen efisiensi daya yang bisa didapat melalui fitur cerdas ini.

Jajaran iPhone 12 ini menjadi iPhone pertama yang mendukung kemampuan jaringan generasi kelima.

Baca tentang


Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X