YouTube Raup Pendapatan Rp 73 Triliun dari Iklan

Kompas.com - 30/10/2020, 12:09 WIB
Ilustrasi logo YouTube MashableIlustrasi logo YouTube
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Dalam laporan keuangan terbarunya untuk kuartal III-2020, Alphabet, perusahaan induk Google, mencatat kenaikan pendapatan 14 persen dibanding tahun lalu. Salah satu penyumbang terbesar adalah revenue iklan dari Google dan YouTube.

Dalam periode yang berakhir pada 30 September 2020 ini, YouTube membukukan pendapatan iklan sebesar 5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 73,7 triliun.

Angka tersebut naik 30 persen dari 3,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 56 triliun di kuartal yang sama tahun lalu.

Kenaikan pendapatan YouTube dari iklan menunjukkan bahwa pengiklan yang sempat menahan belanja di masa-masa awal pandemi sudah mulai kembali membeli iklan seperti semula.

"Kami puas tingkat aktivasi kembali anggaran pengiklan di kuartal ketiga," ujar CFO Alphabet dan Google, Ruth Porat, dalam conference call dengan investor.

Baca juga: YouTube Bakal Sediakan Fitur Belanja?

"Watch time (waktu menonton) yang tinggi dari YouTube memungkinkan pengiklan menjangkau audiens yang tidak bisa mereka raih melalui TV," imbuh Porat.

YouTube kini memiliki lebih dari 30 juta pelanggan peremium dan YouYube Music, ditambah 3 juta pelanggan YouTube TV.

Selama pandemi, YouTube mencatat kenaikan angka view cara membuat masker sendiri dan panduan meditasi.

Di luar YouTube, divisi iklan Google meraup pendapatan 37 miliar dollar AS (sekitar Rp 546 triliun) di kuartal III-2020, naik dari 34 miliar dollar AS (sekitar Rp 502 triliun) yang tercatat di periode yang sama tahun sebelumnya.

Baca juga: Google Dituding Bayar Apple Rp 175 Triliun demi iPhone

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (30/10/2020) capaian Google pada kuartal III-2020 berkebalikan dari kuartal II-2020, saat perusahaan tersebut mengalami penurunan pendapatan untuk pertama kalinya.

Untuk kuartal III-2020, revenue Google kembali tumbuh dengan angka 46,2 miliar dollar AS (sekitar Rp 682 triliun), meningkat dari 40 miliar dollar AS (sekitar Rp 591 triliun di periode yang sama tahun lalu.



Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X