Instagram Punya Fitur Pesan Rahasia, Begini Cara Pakainya

Kompas.com - 30/10/2020, 19:15 WIB
Fitur Vanish Mode di Instagram About.InstagramFitur Vanish Mode di Instagram

KOMPAS.com - Pada akhir September lalu, Instagram memperkenalkan fitur baru bernama Vanish Mode. Fitur ini memungkinkan chat yang dikirim pengguna lewat Direct Message (DM) dapat terhapus dengan sendirinya.

Fitur ini sedikit berbeda dengan milik Telegram. Semua percakapan yang dilakukan dalam Vanish Mode akan terhapus dengan sendirinya jika pengguna keluar dari menu Direct Message. 

Cara menggunakannya pun mudah. Perlu diingat bahwa fitur ini harus diaktifkan oleh kedua pengguna baik si pengirim maupun penerima pesan.

Baca juga: Durasi Instagram Live Bakal Diperpanjang hingga 4 Jam

Pertama, pastikan aplikasi Instagram telah terupdate ke versi terbaru, kemudian buka aplikasi Instagram dan masuk ke dalam menu Direct Message di bagian kanan atas layar.

Layaknya mengirimkan pesan biasa kepada pengguna Instagram lain, Anda bisa memilih siapa pengguna yang akan Anda dikirimi pesan.

Cara menggunakan Vanish Mode di InstagramPutri Zakia Salsabila/ KOMPAS.com Cara menggunakan Vanish Mode di Instagram

Kemudian gulirkan kolom obrolan pesan Anda ke atas, untuk mengaktifkan mode ini secara otomatis.

Nantinya, akan muncul pesan "Swipe up to turn on Vanish Mode".

Selanjutnya, layar DM akan berubah menjadi hitam yang menandakan bahwa Anda telah memasuki Vanish Mode.

Anda kini sudah bisa langsung mengirimkan pesan berupa teks, video, atau foto seperti biasa.

Selanjutnya obrolan akan menghilang setiap kali Anda dan penerima pesan keluar dari kolom percakapan DM.

Kendati demikian fitur ini masih belum diterima semua pengguna di Indonesia. Kemungkinan besar Instagram merilis fitur ini secara bertahap.

Baca juga: Pesan Lintas Platform Instagram dan FB Messenger Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

Selain fitur Vanish Mode, instagram juga beberapa waktu lalu mulai menggabungkan fitur Direct Message dengan Facebook Messenger. Pengguna Instagram dan Messenger kini bisa saling berkirim pesan tanpa perlu berganti aplikasi.

Fitur pesan terhapus otomatis ini juga sejatinya sudah lebih dulu hadir di Snapchat. Bedanya, pesan di Snapchat bisa terhapus secara otomatis setelah 24 jam sejak pertama kali pesan dibaca.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X