Google Meet Bisa Ganti Background Video Call, Begini Caranya

Kompas.com - 03/11/2020, 11:31 WIB
Ilustrasi Google Meet techradar.comIlustrasi Google Meet

KOMPAS.com - Salah satu keunggulan platform video telekonferensi Zoom Meetings adalah fitur Virtual Background, yang memungkinkan penggunanya mengganti latar belakang ( background) tampilan video saat video call.

Tak mau ketinggalan, platform kompetitor, Google Meet juga kini menghadirkan fitur serupa, demi membuat suasana pertemuan virtual tidak kaku.

Pantauan KompasTekno, Selasa (3/11/2020), fitur ini sudah tersedia di Google Meet versi desktop, terutama di perangkat ChromeOS, serta peramban (browser) Chrome di perangkat Windows dan Mac.

Baca juga: Viral Filter Kepala Alien Saat Zoom, Begini Cara Bikinnya

Nah, untuk mengganti latar belakang, pengguna cukup masuk ke ruangan virtual Meet dan klik ikon "tiga titik vertikal" yang terletak di pojok kanan bawah. Lalu, pilih menu "Change background".

Beberapa saat kemudian, pengguna bakal disodori dengan tampilan sidebar di sebelah kanan yang memuat beragam latar belakang yang disediakan Google.

Cara mengganti background di Google Meet.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mengganti background di Google Meet.

Apabila tidak ingin memakai gambar-gambar tersebut, pengguna bisa mengunggah gambar dari komputer masing-masing.

Pengguna juga bisa memburamkan latar belakang mereka dengan memilih salah satu dari dua ikon "portrait", yang terletak tepat di bawah jendela preview, apabila tidak ingin menghiasi background dengan gambar.

Baca juga: Background Video Skype Kini Bisa Diganti, Begini Caranya

Setelah selesai memilih, klik ikon "x" yang terletak di pojok kanan atas tampilan untuk menutup menu sidebar.

Kendati baru hadir dalam versi desktop, Google memastikan bahwa Meet versi smartphone (Android dan iOS) bakal tersedia dalam beberapa waktu ke depan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GoogleBlog, Selasa (3/11/2020).

Ada kemungkinan juga pengguna belum bisa menemukan opsi "Change background" tadi di Meet versi desktop. Sebab, Google mengatakan bahwa fitur ini bakal digelontorkan secara bertahap di berbagai wiayah.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X