Apple Gelar Acara 10 November, Ini Bocoran Gadget yang Bakal Meluncur

Kompas.com - 03/11/2020, 12:10 WIB
Apple Event 2020 bertajuk One More Thing The VergeApple Event 2020 bertajuk One More Thing

KOMPAS.com -  Apple mengumumkan acara khusus bertajuk "One More Thing" yang akan digelar pada 10 November 2020. Pengumuman dilakukan melalui situs resmi Apple, dan kanal YouTube resmi milik Apple.

Acara tersebut akan disiarkan dari Apple Park secara online pada pukul 10.00 pagi waktu Amerika Serikat, atau jika dikonversi ke waktu Indonesia bagian Barat (WIB) adalah Minggu, 11 November pukul 01.00 dini hari.

Sama seperti Apple Event sebelumnya, penyelenggaraan acara masih dilakukan secara virtual lantaran pandemi Covid-19 masih melanda hingga saat ini.

Baca juga: Inikah Alasan Sebenarnya Apple Tinggalkan Prosesor Intel?

Acara ini bisa disaksikan di situs resmi Apple dan kemungkinan juga akan disiarkan lewat kanal YouTube Apple.

Bocoran gadget yang meluncur

Belum ada petunjuk mengenai perangkat apa saja yang bakal diumumkan atau diluncurkan Apple di acara tersebut. Namun, dari bocoran tang beredar, Apple akan memperkenalkan perangkat komputer Mac terbaru dengan chipset berbasis ARM.

Menurut laporan Bloomberg, Apple disebut akan mengumumkan satu perangkat laptop Macbook Air dengan ukuran 13 inci, dan dua model laptop MacBook Pro berukuran 13 inci dan 16 inci.

Semuanya disebut-sebut akan menggunakan chipset buatan ARM, bukan Intel lagi. Sebelumnya pada Juni lalu, CEO Apple, Tim Cook telah mengumumkan bahwa pihaknya tak akan lagi menggunakan prosesor (CPU) Intel untuk produk Mac.

"Hari ini (23/6/2020) adalah hari di mana kami mengumumkan bahwa Mac bakal beralih ke Apple Silicon buatan perusahaan," ujar Cook.

Baca juga: Apple Macbook Pro 2020 Resmi Dijual di Indonesia, Ini Daftar Harganya

Menurut Cook, proses transisi dari penggunaan prosesor Intel ke prosesor buatan Apple bakal memakan waktu hingga kurang lebih dua tahun, seperti dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (3/11/2020).

Apple menyebut bahwa prosesor ARM akan membawa performa Mac ke level yang baru, dengan konsumi daya yang lebih sedikit dan membawa sistem keamanan prosesor Secure Enclave ke Mac.

Kala itu Tim Cook juga mengatakan bahwa produk Mac pertama yang bakal dibekali dengan prosesor non-Intel diperkirakan akan hadir sekitar akhir 2020 mendatang.

Apabila kabar itu benar, maka kemungkinan besar produk Mac yang dimaksud akan segera diperkenalkan Apple di acara bertajuk "One More Thing" pekan depan.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X