Sistem Operasi Windows yang Kini Berusia 35 Tahun

Kompas.com - 24/11/2020, 12:19 WIB
Microsoft IstMicrosoft

KOMPAS.com - Pada 20 November 1985 atau 35 tahun lalu, sistem operasi Windows 1.0 dilahirkan. Windows 1.0 merupakan sistem operasi pertama besutan Microsoft dengan Graphical User Interface (GUI).

GUI adalah suatu sistem yang membuat pengguna dapat menjalankan perangkat komputer dengan mengklik gambar atau ikon tertentu. Sebelum ada GUI, perangkat komputer dijalankan menggunakan perintah berupa deretan kode.

GUI sendiri dapat dikendalikan menggunakan beberapa macam alat input, seperti mouse, keyboard, touchscreen, dan lain sebagainya.

Meski dilahirkan pada 1985, namun, sistem operasi ini telah menunjukan tanda-tanda kehadirannya sejak 1983 silam.

Kala itu, Microsoft mengumumkan tengah menggarap sebuah sistem operasi baru. Dibutuhkan waktu sekitar dua tahun hingga perusahaan teknologi ini berhasil menyempurnakan Windows 1.0.

Jika dibandingkan dengan sistem operasi terdahulu lainnya, Windows 1.0 terbilang istimewa. Pasalnya, Windows 1.0 merupakan sistem operasi pertama yang sudah menjalankan MS-DOS sekaligus GUI.

Baca juga: Microsoft Mulai Hapus Menu Control Panel di Windows 10

Kehadiran GUI sendiri dinilai sebagai langkah yang revolusioner karena telah mempermudah pengguna dalam mengoperasikan Windows 1.0.

Terinspirasi dari Xerox Alto

Bill Gates membuat GUI ini karena terinspirasi dari perangkat komputer Xerox Alto keluaran 1973. Bill Gates membuat sistem operasi dengan GUI ini untuk menggaet pengguna PC pemula.

Pada awal 80-an, banyak pihak menganggap GUI sebagai hal baru yang menarik, mirip seperti antusiasme terhadap Augmented Reality saat ini. Sejak saat itu, Microsoft mulai mengadopsi GUI ke sistem operasi generasi selanjutnya, yakni Windows 3.0 dan 3.1.

Ilustrasi Microsoft Windows 1.0WindowsCentral Ilustrasi Microsoft Windows 1.0
Jika dibandingkan dengan versi Windows saat ini, Windows 1.0 masih terbilang primitif. Hal ini disebabkan karena Windows 1.0 hanya bisa meluncurkan beberapa program sederhana seperti file manager bernama MS-DOS Executive.

Baca juga: Tim Google Temukan Celah Keamanan di OS Windows 10

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X