Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Operasi Windows yang Kini Berusia 35 Tahun

Kompas.com - 24/11/2020, 12:19 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada 20 November 1985 atau 35 tahun lalu, sistem operasi Windows 1.0 dilahirkan. Windows 1.0 merupakan sistem operasi pertama besutan Microsoft dengan Graphical User Interface (GUI).

GUI adalah suatu sistem yang membuat pengguna dapat menjalankan perangkat komputer dengan mengklik gambar atau ikon tertentu. Sebelum ada GUI, perangkat komputer dijalankan menggunakan perintah berupa deretan kode.

GUI sendiri dapat dikendalikan menggunakan beberapa macam alat input, seperti mouse, keyboard, touchscreen, dan lain sebagainya.

Meski dilahirkan pada 1985, namun, sistem operasi ini telah menunjukan tanda-tanda kehadirannya sejak 1983 silam.

Kala itu, Microsoft mengumumkan tengah menggarap sebuah sistem operasi baru. Dibutuhkan waktu sekitar dua tahun hingga perusahaan teknologi ini berhasil menyempurnakan Windows 1.0.

Jika dibandingkan dengan sistem operasi terdahulu lainnya, Windows 1.0 terbilang istimewa. Pasalnya, Windows 1.0 merupakan sistem operasi pertama yang sudah menjalankan MS-DOS sekaligus GUI.

Baca juga: Microsoft Mulai Hapus Menu Control Panel di Windows 10

Kehadiran GUI sendiri dinilai sebagai langkah yang revolusioner karena telah mempermudah pengguna dalam mengoperasikan Windows 1.0.

Terinspirasi dari Xerox Alto

Bill Gates membuat GUI ini karena terinspirasi dari perangkat komputer Xerox Alto keluaran 1973. Bill Gates membuat sistem operasi dengan GUI ini untuk menggaet pengguna PC pemula.

Pada awal 80-an, banyak pihak menganggap GUI sebagai hal baru yang menarik, mirip seperti antusiasme terhadap Augmented Reality saat ini. Sejak saat itu, Microsoft mulai mengadopsi GUI ke sistem operasi generasi selanjutnya, yakni Windows 3.0 dan 3.1.

Ilustrasi Microsoft Windows 1.0WindowsCentral Ilustrasi Microsoft Windows 1.0
Jika dibandingkan dengan versi Windows saat ini, Windows 1.0 masih terbilang primitif. Hal ini disebabkan karena Windows 1.0 hanya bisa meluncurkan beberapa program sederhana seperti file manager bernama MS-DOS Executive.

Baca juga: Tim Google Temukan Celah Keamanan di OS Windows 10

MS-DOS Executive merupakan sebuah file manager yang terdiri dari susunan nama file, tidak dilengkapi dengan ikon gambar seperti File Manager di Windows 10.

Untuk menggunakan Windows 1.0 pada masa itu, pengguna harus membeli salinan perangkat lunak. Kemudian, pengguna harus menginstalnya ke hard disk di dalam PC atau menjalankannya dari dua floppy disk.

Windows 1.0 mendukung grafik CGA, Hercules, atau EGA. Pengguna juga dapat menggunakan sejumlah mouse yang sudah dijual di pasar pada saat itu. 

Selain itu, Microsoft juga turut menyertakan beberapa aplikasi dasar pada Windows 1.0, termasuk Calendar, Clock, Clipboard, Cardfile, Terminal, Notepad, Write, dan Paint, meski hanya mendukung warna-warna monokrom.

Tidak seperti versi sistem operasi MacOS dan Windows yang lebih baru, Windows 1.0 tidak mendukung tampilan jendela yang tumpang tindih.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com