Xiaomi Cetak Rekor Pengiriman Smartphone

Kompas.com - 25/11/2020, 15:10 WIB
Ilustrasi logo Xiaomi dan beragam produk buatannya. GSMArenaIlustrasi logo Xiaomi dan beragam produk buatannya.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Vendor smartphone Xiaomi baru-baru ini merilis laporan keuangan perusahaan kuartal III-2020.

Di periode yang dimulai pada 1 Juli hingga 30 September ini, aneka bisnis raksasa teknologi asal China tersebut mengalami peningkatan sehingga mencetak sejumlah rekor. Salah satunya dalam hal pengiriman (shipment) smartphone secara global,

Xiaomi mengirimkan 46,6 juta unit ponsel pada kuartal III-2020, meningkat sebesar 45,3 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Samsung Turun, Vivo Naik, Oppo Tetap Teratas di Indonesia

Berkat peningkatan ini, apabila merujuk kepada riset Canalys, Xiaomi berhasil menjadi pabrikan smartphone terbesar ketiga di dunia pada kuartal III-2020 dengan pangsa pasar 13,5 persen.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (25/11/2020), peningkatan bisnis smartphone Xiaomi konon didorong oleh performa penjualan ponsel flaghip Mi series yang diklaim cukup baik di periode tersebut.

Rekor pendapatan dan laba

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Performa bisnis Xiaomi secara keseluruhan di periode ini juga turut meningkat. Total pendapatan perusahaan yang dimpimpin Lei Jun ini tercatat di angka 72,2 miliar yuan (sekitar Rp 154 triliun), tumbuh 34,5 persen dbanding kuartal III-2019.

Dari pendapatan tersebut, Xiaomi mendapatkan laba bersih sebesar 4,1 miliar yuan (sekitar Rp 8,8 triliun), atau lebih tinggi 18,9 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Daftar 10 Smartphone Terlaris pada Kuartal III-2020, Siapa Juaranya?

"Xiaomi mempertahankan momentum pertumbuhan yang kuat pad kuartal III-2020 dan mencatat rekor pendapatan dan laba bersih tertinggi," ujar pihak Xiaomi dalam sebuah pengumuman di situsnya.

Di luar ponsel, segmen bisnis Artificial Internet-of-Things (AIoT) ikut mengalami peningkatan pendapatan menjadi 18,1 miliar yuan (sekitar Rp 38 triliun), lebih besar 16,1 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

"Selama kuartal III-2020, kami berhasil mencapai pertumbuhan yang baik di beragam segmen bisnis berkat strategi 'Smartphone X AIoT' kami," imbuh Xiaomi.



Sumber Blog Mi
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X