Canon Akui Data Karyawan Diretas Hacker

Kompas.com - 28/11/2020, 19:03 WIB
Ilustrasi kantor Canon. TechradarIlustrasi kantor Canon.

KOMPAS.com - Pada Agustus lalu, perusahaan teknologi yang bergerak di bidang pencitraan, Canon mengonfirmasi bahwa server mereka dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Kala itu, pihak Canon belum mengumbar apa saja data yang dicuri, berikut jenis serangan siber yang mereka alami.

Namun, mereka langsung bergegas memberitahukan karyawan bahwa ada kejadian pemboboan server dan berjanji untuk menginvestigasi insiden tersebut dengan menggandeng firma keamanan siber.

Baca juga: Kiat Menangkal Serangan Virus Ransomware seperti WannaCry

Setelah ditelusuri, produsen kamera asal Jepang tersebut kini mengonfirmasi bahwa server mereka dibobol dengan serangan berjenis ransomware, serangan yang biasanya bisa diatasi, apabila korban membayar sejumlah uang tebusan.

Akibatnya, data karyawan Canon dari tahun 2005 hingga 2020, beserta pihak keluarga yang berhubungan dengan mereka, terancam terekspos ke publik.

Adapun tiap data karyawan yang tersimpan di server tersebut mencakup berbagai data sensitif, seperti nama, nomor identitas, nomor SIM, nomor rekening, tanda tangan elektronik, tempat tanggal lahir, dan lain sebagainya.

Untuk mengantisipasi beragam hal yang tidak diinginkan terjadi, Canon bakal memberikan segenap dukungan melalui kanal layanan perusahaan, serta memberikan benefit lainnya bagi karyawan dan mantan karyawannya yang terdampak.

Baca juga: iPhone dan MacBook Mendadak Terkunci Sendiri, Pengguna Diminta Uang Tebusan

Informasi selengkapnya mengenai insiden ini, berikut layanan dukungan bagi karyawan bisa dilihat di tautan berikut.

Pelakunya?

Lantas, siapa pelaku di balik insiden ransomware ini? Pihak Canon sayangnya tidak menguak hal tersebut, begitu juga berapa duit tebusan diminta oleh si pelaku untuk mengembalikan data-data yang telah dicuri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X