Setelah 70 Tahun, Pameran Kamera Photokina Dihentikan

Kompas.com - 28/11/2020, 14:02 WIB
Suasana Photokina 2014, dengan sebuah banner yang menunjukkan tanggal penyelenggaraan Photokina 2016 PhotokinaSuasana Photokina 2014, dengan sebuah banner yang menunjukkan tanggal penyelenggaraan Photokina 2016

KOMPAS.com - Setelah digelar tiap dua tahun sekali selama 70 tahun, pameran kamera ikonik terbesar di Eropa, Photokina resmi dihentikan untuk sementara waktu.

Hal itu diketahui dari pengumuman resmi yang diunggah di situs Photokina.com dan situs penyelenggara, Koelnmesse.com.

Bisnis industri kamera yang terus menurun selama bertahun-tahun, ditambah lagi dengan efek domino pandemi Covid-19, disebut-sebut sebagai alasan mengapa pameran dua tahunan ini tidak akan diselenggarakan lagi dalam waktu dekat.

"Karena tren penurunan signifikan di industri kamera yang terus berlanjut, Koelnmesse telah memutuskan untuk berhenti menggelar Photokina, yang biasa digelar di Koln, Jerman untuk sementara waktu sampai pemberitahuan lebih lanjut," ujar pihak Koelnmesse, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Koelnmesse.com, Sabtu (28/11/2020).

Baca juga: Sepenggal Sejarah Pameran Photokina

Pihak Koelnmesse melanjutkan, bisnis industri kamera sendiri semakin tergerus sejak 2014 dan bahkan, karena pandemi, penurunannya sampai 2 digit (berkisar di angka 50 persen).

Penurunan ini disinyalir berasal dari kegiatan fotografi dan videografi yang kini beralih secara perlahan, dari kamera konvensional ke smartphone.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kondisi semacam ini, menurut President & CEO Koelnmesse, Gerald Bose, lantas tidak memungkinkan untuk menggelar ajang Photokina, yang biasanya dipakai untuk memamerkan aneka alat fotografi konvensional, atau kamera berteknologi canggih.

Setelah pengunjung mengantre dan memindai tiket masuk, mereka beejalan melewati pintu berikutnya untuk masuk menuju berbagai aula pameran Photokina 2016.Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Setelah pengunjung mengantre dan memindai tiket masuk, mereka beejalan melewati pintu berikutnya untuk masuk menuju berbagai aula pameran Photokina 2016.
"Kondisi industri kamera saat ini tidak memungkinkan untuk menggelar pameran fotografi berskala internasional," ujar Gerald di situs yang sama.

"Keputusan ini sangat berat, namun krisis yang kami hadapi sangat jelas di depan mata, sehingga kami tidak memiliki alternatif lain," imbuh Gerald.

Baca juga: Kamera Full Frame Terkecil Sony A7C Masuk Indonesia

Konon, pameran Photokina bakal digelar kembali pada 18-21 Mei 2022. Namun, hal tersebut belum bisa dipastikan lantaran situs Koelnmesse tidak memberikan informasi terkait tanggal tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Koelnmesse
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X