Rekor Baru, Sony Jual 1,4 Juta Konsol PS5 dalam Seminggu

Kompas.com - 28/11/2020, 17:05 WIB
Bodi PS5 yang terlihat bongsor ketika disandingkan dengan Xbox Series X dan Xbox Series S Youtube/Marques BrownleeBodi PS5 yang terlihat bongsor ketika disandingkan dengan Xbox Series X dan Xbox Series S

KOMPAS.com - Sejak diumumkan secara perdana pada pertengahan Juni lalu, kehadiran konsol PlayStation 5 (PS5) mendapat sambutan hangat dari kalangan gamer. Tingginya antusiasme penggemar bahkan telah mengakibatkan stok konsol habis di pasaran.

Meski belum genap satu bulan pasca-peluncuran, situs VGChartz mencatat bahwa terdapat lebih dari 1,48 juta unit konsol PS5 yang sudah terjual.

Jumlah tersebut melampaui angka penjualan PS4 dalam kurun waktu yang sama, yang sebanyak 116.000 unit. Namun Sony bukan satu-satunya perusahaan yang meluncurkan konsol game anyar.

Baca juga: Beli PS5 Malah Dikirimi Beras dan Makanan Kucing

Berdekatan dengan waktu peluncuran PS5, Microsoft juga turut merilis dua konsol next-gen terbarunya, yakni Xbox Series X dan Xbox Series S.

Dalam periode waktu yang sama, Microsoft berhasil menjual lebih dari 1,34 juta unit konsol Xbox Series X dan Xbox Series S.

Meski selisih angka yang tidak terlalu besar, namun angka penjualan Xbox adalah gabungan dari dua konsol, yakni Xbox Series X dan Xbox Series S. Angka tersebut juga belum termasuk total penjualan PS5 yang diraih pada sesi peluncuran kedua.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perlu diketahui bahwa Sony membagi momen peluncuran PS5 menjadi dua tahap, yakni pada 12 November dan 19 November 2020. Pada 12 November, PS5 baru resmi tersedia di sejumlah negara meliputi Amerika Utara, Australia, Selandia Baru, Jepang, Singapura, dan Korea Selatan.

Sementara angka yang dicatat oleh VGChartz mengacu pada data total penjualan konsol PS5 hingga 14 November.

Berbeda dari Sony, Microsoft merilis Xbox Series X dan Xbox Series S pada 10 November lalu di 40 negara.

Baca juga: Perjalanan PlayStation 5, dari Rumor hingga Bisa Dipesan di Indonesia

Apabila mempertimbangkan faktor-faktor di atas, maka PS5 pantas dinobatkan sebagai konsol paling laris sepanjang masa.

Untuk lebih lengkapnya, berikut merupakan daftar angka penjualan konsol gaming tertinggi sebagaimana dihimpun KompasTekno dari VGChartz, Sabtu (28/11/2020).

PlayStation 5 - 1.483.910 unit
Xbox Series X dan S - 1.345.386 unit
PlayStation 4 - 113.896.240 unit
Nintendo 3DS - 75.826.987 unit
Nintendo Switch - 69.260.049 unit
Xbox One - 48.548.670 unit



Sumber VGChartz
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.