Mirip Instagram dan Twitter, Spotify Juga Punya Fitur Stories

Kompas.com - 30/11/2020, 11:24 WIB
Ilustrasi Spotify Christian Hartmann / ReutersIlustrasi Spotify

KOMPAS.com - Mengikuti jejak Instagram dan Twitter, layanan streaming musik Spotify baru-baru ini turut memperkenalkan fitur konten ala Stories. Fitur ini memungkinkan para pengguna Spotify untuk menyaksikan momen yang dibagikan oleh para pembuatnya.

Namun berbeda dari Instagram Stories dan Fleets, fitur Stories pada Spotify hanya bisa dibuat khusus oleh para musisi dan pemilik label musik. Sementara para pengguna Spotify hanya dapat menonton Stories yang dibagikan.

Keberadaan fitur Stories pada Spotify sebelumnya diungkap oleh seorang YouTuber gaming, TmarTn, lewat unggahannya di Twitter. Ia mengaku pertama kali menyadari kehadiran fitur ini ketika sedang mencari lagu-lagu bertemakan Natal (Christmas).

Baca juga: Kehadiran Fleets yang Mirip IG Stories Memicu Pro Kontra di Twitter

Saat sedang membuka playlist berjudul Christmas Hits, TmarTn menemukan sebuah ikon baru di dekat cover playlist lagu. Ketika dipilih, ikon tersebut akan menampilkan antarmuka yang mirip dengan Instagram Stories.

Tak hanya di playlist Natal, Stories juga dapat dijumpai di beberapa playlist lain, misalnya pada judul lagu Tear Drop dan Good News, bikinan Megan Thee Stallion.

Spotify Stories berisi gambar dan video yang disajikan dalam format vertikal. Terdapat ikon garis vertikal di bagian atas, mengindikasikan jumlah gambar atau video yang dimuat pada Stories tersebut.

Serupa dengan Instagram Stories, pengguna bisa mengetuk sisi kiri atau kanan untuk melihat konten ala Stories. Meski baru ditemukan belakangan ini, kehadirannya sebenarnya telah diketahui sejak lama.

Tepatnya pada Agustus 2019 lalu, Jane Manchun Wong menemukan adanya keberadaan Spotify Stories. Wong memang dikenal sebagai sosok yang gemar mengoprek fitur-fitur di media sosial untuk menemukan bakal fitur baru.

Baca juga: 5 Ide Kreatif untuk Membuat Instagram Stories Terlihat Lebih Unik

Dihimpun KompasTekno dari Android Police, Senin (30/11/2020), saat ini fitur Spotify Stories masih bersifat uji coba dan baru bisa diakses secara terbatas oleh sejumlah pengguna.

"Di Spotify, kami secara rutin mengadakan sejumlah tes dalam rangka meningkatkan pengalaman para pengguna kami. Beberapa dari hasil pengujian tersebut kemudian menjadi masukan tersendiri bagi layanan kami," kata pihak Spotify.

Konsep dari fitur Stories sendiri awalnya diperkenalkan secara perdana oleh Snapchat pada 2013 lalu. Popularitasnya kemudian meledak di seluruh dunia setelah dijiplak oleh Instagram dalam bentuk Stories.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.