Windows 10 Berhasil Diinstal di Komputer Mac M1

Kompas.com - 29/11/2020, 11:09 WIB
Ilustrasi Apple M1. ArsTechnicaIlustrasi Apple M1.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Keluarga komputer Mac terbaru dengan chipset Apple M1 saat ini hanya bisa menjalankan sistem operasi (OS) besutan perusahaan, yaitu macOS (Big Sur).

Jajaran komputer ini juga tidak mendukung perangkat lunak Bootcamp yang biasanya tersedia di komputer Mac dengan chip Intel. Bootcamp ini membantu pengguna beralih antara macOS dan Windows.

Artinya, laptop/komputer yang ditenagai chipset Apple M1 (MacBook Air/MacBook Pro/Mac Mini) dipastikan belum bisa menjalankan sistem operasi Windows apapun versinya.

Baca juga: Seberapa Kuat Chip Apple M1 di MacBook Air Terbaru?

Meski demikian, seorang pengembang bernama Alexander Graf mengaku sukses menjalankan Windows 10 di komputer "berotak" Apple M1 miliknya. Pencapaian tersebut ia umbar dalam sebuah unggahan di Twitter.

"Siapa bilang OS Windows tidak berjalan di #AppleSilicon (Apple M1)? OS tersebut berjalan dengan cepat," ujar Graf melalui akun @_AlexGraf.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak hanya sekadar "bisa", Graf mengklaim bahwa OS Windows 10 di Apple M1 ternyata juga mampi menjalankan aplikasi yang dirancang untuk sistem berarsitektur x86 (32-bit) dengan lancar.

Hanya saja, pengoperasiannya tidak secepat sistem emulasi (translation) Rosetta 2 (Apple M1).

Agar bisa menjalankan OS Windows di Apple M1, Graf menggunakan software bernama QEMU Virtualizer melalui hypervisor.framework.

Baca juga: Rangkuman Review MacBook Berotak Apple M1, dari Performa hingga Baterai

Graf pun menggunakan patch khusus untuk QEMU virtualizer. Dengan demikian, Windows versi Arm ini dapat divirtualisasikan pada komputer Mac‌ berbasis Apple M1‌ dengan baik.

Kendati demikian, Graf mengatakan bahwa uji coba ini merupakan tahap yang sangat awal. Sehingga, sistemnya mungkin tidak stabil.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.